Pengertian dan Contoh Short Message dalam Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian dan Contoh Short Message dalam Bahasa Inggris – Pesan pendek atau pesan singkat tentunya tidak asing lagi bagi telinga kita, karena selalu kita temukan atau gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apakah sebenarnya short message itu?

Short message adalah functional text yang berfungsi sebagai penyampai informasi, perintah, atau pemberitahuan tentang sesuatu kepada seseorang.

Short message biasanya ditulis dalam secarik kertas dan ditempelkan di tempat-tempat yang mudah ditemukan seperti, pintu, lemari es, tembok, dan lain-lain. Contohnya seorang ibu yang ingin memberitahukan anaknya bahwa dia pulang terlambat, maka sang ibu akan menulis surat pendek dan menempelkannya di depan pintu lemari es.

Namun, saat ini penulisan short messages pada secarik kertas sudah jarang dilakukan karena kemajuan teknologi. Orang-orang cenderung memanfaatkan Short Messages Service (SMS) yang ada pada handphone. Melalui SMS, short messages lebih mudah dan cepat tersampaikan. Berikut ini adalah contoh-contoh short messages dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Contoh Short Messages

Dear Juan

Your dad and I are going to your grandma’s home. We will be there for two days because your grandma is sick and she needs to be looked after. So take care of yourself at home. Don’t forget to eat and wash your clothes. Take your money that I put under book on the table in living room.

Your mom

Artinya:

Untuk Juan
Ibu dan ayah sedang pergi ke rumah nenek. Kami akan berada di sana selama dua hari karena nenkmu sakit dan dia butuh dirawat. Jadi jaga dirimu baik-baik di rumah. Jangan lupa makan dan mencuci baju. Uang mu ibu selipkan di bawah buku di meja ruang keluarga.

Ibu

Dear Grace

I have found your lost dictionary that you were looking for yesterday. It is not lost as what you think but you forget lending it to Marry. She has given it to me and I keep on my home. So if you want to have it back, I will bring it tomorrow.

Jenny

Artinya:

Untuk Grace
Saya telah menemukan kamusmu yang hilang kemarin. Kamus itu tidak hilang seperti apa yang kau pikirkan tetapi kamu lupa meminjamkannya ke pada Marry. Dia telah memberikannya kepadaku dan saya simpan di rumah. Jadi jika kamu menginginknnya kembali, saya akan membawanya besok.

Jenny

Dear Marry

The dance performance starts at 21.00 on Sunday. It is free to see the competition. So if you want to see the show, I will pick you up on the afternoon at 19.00. Then we can go for take a walk before the show begins. Inform me if you cannot come with me before afternoon.

Juan

Artinya:

Kepada Marry

Pertunjukan dance mulai pukul 9 malam pada hari minggu. Tidak dipungut biaya untuk melihat pertunjukan itu. Jadi jika kamu ingin melihat acara itu, saya akan menjemputmu jam 7 sore. Kemudian kita bisa jalan-jalan sebelum acaranya dimulai. Beritahu saya jika kamu tidak bisa pergi sebelum sore.

Juan

To: Sophie

I have just got the news that our uncle passed away today. We are going to go to his house soon to attend the funeral. I have gone ahead with our parents. So if you have arrived at home, go after us immediately.

Your brother

Kepada: Sophie

Saya baru saja mendapat kabar bahwa paman kita meninggal dunia hari ini. Kami sedang pergi ke rumahnya untuk menghadiri pemakamannya. Saya telah pergi dengan ayah dan ibu duluan. Jadi jika kamu sudah sampai di rumah, susul kami segera.

Kakakmu

To: Albert

Please take care of Jane while I am away. She has to take a nap and eat at five o’clock in the afternoon. I will be back at home at 21.00 o’clock.

Your sister

Untuk: Albert

Tolong jaga Jane selagi saya pergi. Dia harus tidur siang dan makan pada jam 5 sore. Saya akan pulang ke rumah pada jam 9 tepat.

Kakak

Contoh Short Message Service (SMS)

Karena dalam SMS setiap karakter dipertimbangkan, maka pada umumnya SMS ditulis dengan sangat singkat dan tidak jarang menggunakan singkatan-singkatan, misalnya:

Coz = Because
U = You
4 = For
ASAP= As soon as possible
FYI= for your information
LOL= Laugh out loud
Ur=Your
OTW= On the way, dan lain-lain.

Contoh:

From: Edward Jr.

Where are U? I am looking 4 U coz I’ve to meet u right away to give back ur book that I lent. I am in school at now.
Please respond ASAP.

Dari: Edward Jr.

Kamu dimana? saya sedang mencarimu karena saya harus menemuimu untuk mengembalikan buku yang saya pinjam. Sekarang saya ada di sekolah.
Tolong balas sesegera mungkin.

From: George

I am otw to school. Just wait and I’ll be there in 15 minutes. 
Thanks

Dari: George

Saya sedang dalam perjalanan ke sekolah. Tunggu saja dan saya aan berada di sana dalam 15 menit.

From: 089765432345

FYI tomorrow the class is canceled coz our teacher is otw to Jakarat. He said to me that we’ve to do task in 10th page. Submit to me ASAP

Dari: 089765432345

Pemberitahuan kelas dibatalkan karena guru kita sedang dalam perjalanan ke Jakarata sekarang. Dia mengatakan kepadaku bahwa kita harus mengerjakan tugas halama 10. Kumpulkan sesegera mungkin.

From: 082387654325

That’s so funny. LOL

Dari: 082387654325

Tadi itu sangat lucu. Hahahahha