Apa Itu Mind Mapping? Simak Penjelasannya di sini!

Apa Itu Mind Mapping? Simak Penjelasannya di sini! – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep Mind Mapping karena biasanya konsep ini sering sekali diperkenalkan oleh guru atau dosen untuk membantu kita dalam hal writing. Konsep ini digunakan untuk mengembangkan topik utama ketika membuat sebuah tulisan. Berikut ini adalah pembahasan detail mengenai tehnik mind mapping!

Apa Itu Mind Mapping?

Mind mapping adalah sebuah strategi yang digunakan untuk mengembangkan pemikiran yang menggunakan diagram. Konsep ini pertama kali diperkenalakan oleh Tony Buzan, seorang psikolog Inggirs. Beliau terinspirasi oleh sebuah sistem kerja saraf otak yang memiliki cabang-cabang saraf yang sangat banyak.

Dengan kata lain, mind mapping adalah representasi visual dari informasi hirarkis yang mencakup ide sentral yang dikelilingi oleh cabang-cabang yang memiliki hubungan dengan topik terkait.

Apa Fungsi dari Mind Mapping?

Teknik mind mapping ini bisa membantu kita dalam berbagai hal, diantaranya adalah:

  • Pencatatan
  • Brainstorming ( individu maupun kelompok )
  • Pemecahan masalah
  • Mempelajari dan menghafal
  • Perencanaan
  • Meneliti dan mengkonsolidasikan informasi dari berbagai sumber
  • Penyajian informasi
  • Mendapatkan wawasan tentang subyek yang kompleks
  • Meningkatkan kreativitas
Baca juga:  Mengenal Phrasal Modifiers dalam Bahasa Inggris

Bagaimana Konsep Mind Mapping Bekerja?

Seperti halnya sel otak yang saling berhubungan, konsep mind mapping menjadikan sebuah ide sebagai sel utama yang terletak di tengah-tengah dan dikelilingi oleh sel-sel saraf yang lebih kecil dan banyak digunakan sebagai sub-sub ide. Sehingga, gambaran yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja sel-sel saraf di dalam otak.

Ide atau topik utama yang merupakan sebuah garis besar pemikiran itu kemudian dihubungkan atau membentuk korelasi-korelasi dengan sub-sub ide yang lebih kecil disekelilingnya, sehingga akan terbentuk suatu pemahaman yang umum yang bisa dituangkan ke dalam bentuk sebuah tulisan.

Lalu, Apa Manfaat dari Mind Mapping?

Mind mapping memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya adalah:

  • Membantu kita dalam hal mengeksplorasi ide, konsep, atau sebuah permasalahan
  • Memfasilitasi pemahaman yang lebih baik dengan cara melihat garis-garis yang saling berhubungan yang berarti hubungan antara ide-ide atau pun konsep-konsep.
  • Memudahkan kita untuk menemukan ide-ide baru dan memudahkan proses berpikir
  • Memungkinkan kita untuk mengingat informasi informasi dengan mudah
  • Membantu kita mencatat ide dan membuat perencanaannya
Baca juga:  Kumpulan Singkatan (Abbreviation) dalam Bahasa Inggris yang Umum Digunakan

Advertisement

Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping?

Membuat mind mapping sangatlah sederhana dan mudah, alat yang dibutuhkan hanyalah selembar kertas dan pensil warna.

  1. Mulailah menulis ide yang akan dikembangkan tepat di tengah-tengah kertas kosong, lalu buatlah gambar agar lebih menarik. Cobalah untuk menulisnya dalam bentuk kertas landscape, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ide-ide yang akan muncul kemungkinan banyak.
  2. Kemudian kembangkanlah dengan menulis subtopik terkait di sekitar topik sentral ini, lalu hubungkan masing-masing ke pusat utama/topik utama dengan garis.
  3. Ulangi proses yang sama ketika membuat subtopic, untuk menghasilkan subtopic yang lebih rendah dan kemudian hubungkan dengan topik masing-masing.
  4. Jika masih ada ide-ide yang bisa dikembangkan dari sub topik yang lebih rendah, teruslah menulis dan menghubungkannya dengan garis.
  5. Setelah semua ide telah tergali, pahami dan tuangkanlah ke dalam sebuah tulisan sesuai dengan garis-garis alur topik yang telah dibuat.
Baca juga:  Bagaimana seharusnya seorang guru bahasa Inggris bersikap?

Contoh Mind Mapping

Berikut ini adalah contoh gambar mind mapping yang dibuat untuk menyusun artikel ini. Perhatikanlah arah alur garis-garis yang menghubungkan antara ide utama dengan sub-sub idenya.

mind mapping

Kesimpulan

Jadi mind mapping adalah sebuah konsep yang digunakan untuk membantu dalam mengembangkan sebuah ide utama menjadi beberapa ide pokok, sehingga writing Anda menjadi lebih menarik.