Penggunaan Kata Specially dan Especially dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Specially dan Especially dalam Bahasa Inggris – Dalam bahasa Inggris, ada dua jenis kata yang nampaknya kita sering tertukar yaitu kata specially, dan especially. Nah, sebenarnya apa perbedaan dari kedua kata ini, apakah kita bisa menggunakannya semau kita? Tentu saja tidak.

Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan pengertian lebih lanjut. Pertama, perlu diketahui bahwa keduanya, baik especially maupun specially, sama-sama adverb atau kata keterangan. Secara umum, keduanya bermakna particularly atau terutama.

Meskipun maknanya sama, namun penggunaannya tidak hanya melulu mengindahkan makna saja, tetapi yang paling penting adalah melihat ketentuan penggunaan atau kaidahnya. Secara umum, especially lebih banyak digunakan dibandingkan dengan specially.

Penggunaan lebih jelasnya, akan saya jabarkan melalui kalimat-kalimat berikut ini:

1. Especially digunakan sebagai makna particularly (khususnya) atau above all. Nah, disini terdapat penekanan dimana tanda koma digunakan dalam kalimat.

Contoh:

The fathers prefer to choose beer than tea, especially my father. (Para ayah lebih memilih bir dibandingkan dengan teh, terutama ayah saya.)

They looked amazing, especially my girlfriend. (Mereka tampak luar biasa, terutama pacar saya.)

Advertisement

2. Specially biasa digunakan dengan melibatkan preposisi β€œfor”. Dipakai untuk menunjukkan sebuah tujuan. Kemudian, bisa juga dipakai dalam kalimat pasif.

Contoh:

This food specially cooked for you. (Makanan ini khusus dibuat untukmu.) – bentuk pasif
I drive fast specially for not coming late in your party. (Saya mengendarai dengan cepat khusus untuk tidak dating terlambat di pestamu.) – bentuk aktif

3. Jangan gunakan baik itu especially maupun specially di awal kalimat. Sebaliknya, gunakanlah in particular jika Anda ingin menggunakannya di awal kalimat dan ingin mengubungkan satu kalimat yang telah diakhiri tanda titik, dengan kalimat lainnya.

She enjoyed talking with us. In particular, shared her past experience, with me. (Dia suka mengobrol dengan kami. Khususnya berbagi pengalamannya sewaktu kecil, dengan saya.)

Itulah sedikit ulasan mengenai kata specially dengan especially. Semoga bermanfat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *