9 Idiom yang Digunakan Untuk Mengungkapkan Kegembiraan dan Kesedihan

9 Idiom yang Digunakan Untuk Mengungkapkan Kegembiraan dan Kesedihan – Idiom bisa digunakan untuk mengungkapkan berbagai ekspresi, misalnya ekspresi kegembiraan dan kesedihan. Nah, apa saja idiom-idiom tersebut? Mari kita simak penjelasan lengkapnya.

1. On Cloud Nine

Dikatakan ketika orang sedang senang karena sesuatu yang luar biasa sedang terjadi, misalnya naik pangkat, naik gaji tiga kali lipat, atau mendapatkan banyak hadiah di hari ulang tahun. Contoh: I am on cloud nine because my father just gave me a sport car this morning.

2. Cry One’s Eyes Out

Maksudnya adalah menangis tersedu-sedu dan dalam waktu yang lama. Idiom ini biasanya dikatakan ketika orang sangat sedih karena kehilangan sesuatu yang amat dicintainya. Contoh: When my granpa died, my mother cry her eyes out.

3. Like A Dog With Two Tails

Anda mengatakan frase demikian, ketika seseorang yang Anda ajak bicara benar-benar senang karena hal membahagiakan sedang terjadi. Contoh: When he got a scholarship to Europe, he was like a dog with two tails.

4. Down In The Dumps

Situasi ini dikatakan ketika seseorang sedang depresi dan sedih karena suatu hal, biasanya gagal mencapai sebuah target yang secara serius dikejarnya. Contoh: Since he failed in the final examination, Arika has been down in the dumps for a long time.

Advertisement

5. Down In The Mouth

Orang yang sedang down in the mouth, berarti mereka tampak tidak bahagia, dan tidak bersemangat. Contoh: Hi Dhika, you look down in the mouth. What’s going on man?

6. Face Like A Wet Week-end

Ini adalah situasi sedih seperti hari minggu yang sudah berakhir, dan harus kembali ke hari senin untuk bekerja. Orang yang face like a wet week-end, tampak tidak bersemangat, lelah, dan yang pasti, murug! Contoh: I didn’t know why Marry got a face like a wet week-end.

7. Fool’s Paradise

Jika seseorang sedang berbahagia namun itu hanya sementara dan tampak seperti ilusi, maka ia sedang berada dalam fool’s paradise. Apa yang dimaksud denga kebahagiaan sementara atau ilusi? Ini adalah kebahagiaan khayalan yang timbul misalnya karena rasa Ge-Er.

Contoh situasinya adalah ada seorang boss sangat baik kepada kita, meskipun kita hanya karyawan biasa. Karena kebaikannya tersebut, kita kemudian berharap bisa diangkat menjadi seorang manajer atau direktur. Tentu sangat tidak mungkin seorang karyawan biasa, belum menduduki jabatan apa-apa, kemudian tiba-tiba diberi jabatan manager atau direktur. Itulah yang disebut fool’s paradise.

Contoh kalimat: Diana is living in the fool’s paradise. She thinks that my rich brother will marry her.

8. Fulls Of The Joys Of Spring

Adalah idiom, yang digunakan ketika seseorang begitu bersemangat, bahagia, dan penuh energi. Biasanya karena mendapatkan rezeki yang luar biasa. Contoh: He was promoted as a new branch manager yesterday and it made him fulls of the joys of spring at that moment.

9. Grin From Ear To Ear

Orang-orang yang tampak puas terhadap apa yang dicapainya dan merasa bahagia, maka mereka bisa diungkapkan menggunakan idiom ini. Contoh: Daniel is grining from ear to ear. Yeah, no wonder because he passed the exam with the highest score.

Itulah sedikit contoh mengenai idiom-idiom yang bisa menjadi ekspresi kebahagiaan maupun kesedihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *