Apa itu TOEFL? Mengenal TOEFL Secara Lebih Mendalam

Apa itu TOEFL? Mengenal TOEFL Secara Lebih Mendalam – TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language. Ini merupakan tes keahlian bahasa Inggris berstandar untuk non penutur bahasa Inggris.

TOEFL adalah produk dari ETS/Educational Testing Service (Layanan pengujian pendidikan), sebuah organisasi swasta non-profit yang merancang dan mengurusi tes-tes. Nilai tes TOEFL ini berlaku untuk 2 tahun. Setelah dua tahun, sertifikat atau hasil tes tidak berlaku lagi dan pengguna harus melakukan tes kembali.

Sedikit mengulas tentang sejarah TOEFL, pada tahun 1962, sebuah dewan nasional terdiri dari perwakilan tiga puluh pemerintahan dan organisasi swasta dibentuk untuk mengatasi masalah penjaminan penguasaan bahasa inggris untuk non pembicara/penutur yang ingin belajar di Universitas Amerika Serikat.

Dewan ini merekomendasikan pembangunan dan administrasi ujian toefl untuk jangka waktu 1963-1964.

Test tersebut awalnya dikembangkan di Center for Applied Linguistics, sebuah pusat penerapan ilmu kebahasaan, di bawah arahan Profesor Universitas Stanford, Dr. Charles A. Ferguson. Tes toefl ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1964 oleh Modern Language Association, asosiasi bahasa modern, yang dibiayai oleh dana hibah dari yayasan Ford Foundation dan Danforth Foundation.

Pada tahun 1965, The College Board bersama ETS bertanggung jawab atas program lanjutan dari program uji toefl ini.

Pada tahun 1973, pengaturan kerjasama dibuat antara ETS, The College Board, dan dewan penasehat Graduate Record Examinations untuk mengawasi dan melaksanakan program tersebut. ETS bertugas untuk mengelola pelaksanaan tes dengan petunjuk dari pengurus program toefl.

Ada beberapa jenis atau bentuk dari tes TOEFL. Ada IBT (Internet-based test), PBT (Paper-based test), dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

TOEFL iBT® test, dilaksanakan via internet. Tes ini mengukur kemampuan Anda dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris pada tingkat universitas. Tes ini mengevaluasi seberapa baik kemampuan mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis bahasa Inggris.

Biasanya, orang-orang yang mengambil tes ini adalah para pelajar yang berencana melanjutkan sekolah pada tingkat yang lebih tinggi, sebagai persyaratan masuk atau lulus dari program belajar bahasa Inggris, untuk beasiswa, para pembelajar bahasa Inggris yang ingin meningkatkan kemampuan mereka, pelajar atau pekerja yang mengurus visa ke luar negeri. Biaya untuk mengambil tes ini sekitar 160 US dollar.

TOEFL® PBT test, dilaksanakan dalam format kertas tertulis selama 3 jam 30 menit. Ada tiga bagian dalam test ini, ditambah tes menulis TWE, yaitu listening, reading comprehension, structure and written expression, dan writing TWE (Test of Writing English). Skor hasil tes ini berlaku selama 2 tahun sejak tes dilaksanakan.

The TOEFL ITP® tests mengukur kemampuan berbahasa Inggris dengan menggunakan 100 persen materi akademik yang mirip dengan apa yang digunakan dalam tugas di kelas. Tes ini dapat digunakan untuk beberapa hal:

1. Untuk penempatan kelas (placement) dalam program belajar bahasa Inggris yang membutuhkan keahlian bahasa Inggris pada level perguruan tinggi.

2. Mengevaluasi perkembangan atau kemajuan belajar dalam program belajar bahasa Inggris yang menekannya pada keahlian berbahasa Inggris.

3. Syarat kelulusan dalam programm bahasa Inggris dengan menunjukkan keahlian mendengar dan membaca bahasa Inggris.

4. Syarat seleksi masuk program belajar di negara yang berbahasa Inggris.

5. Syarat masuk perguruan tinggi di negara yang merupakan penutur bahasa Inggris.

6. Program beasiswa, sebagai dokumen pendukung yang menunjukkan keahlian berbahasa Inggris.

Biaya yang harus disiapkan untuk mengambil tes TOEFL ITP ini adalah 30 US dollar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *