9 Tips Mudah Mempelajari Banyaknya Kosakata Bahasa Inggris

Tips Mudah Mempelajari Banyaknya Kosakata Bahasa Inggris – Bagaimana Anda mampu mempelajari banyaknya kosakata bahasa Inggris? Ikuti tips berikut ini.

1. Baca. Sebagian besar kosa kata bahasa Inggris dipelajari berdasarkan konteksnya. Semakin banyak kata yang Anda pelajari, semakin baik pula pemahaman kosa kaa yang Anda miliki. Ketika Anda membaca, perhatikan dengan seksama kata-kata yang tidak Anda ketahui artiya. Pertama, cari tahu artinya melalui konteks. Kemudian lihat kepada arti kata itu sendiri. Baca dan dengarkan materi yang menantang sehingga Anda dapat memahami banyak kosa kata baru.

2. Tingkatkan kemampuan Anda dalam membaca dan memahami suatu konteks. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kata dipelajari dari konteksnya. Untuk meningkatkan kemampuan kontekstual Anda, perhatikanlah bagaimana kata tersebut digunakan.

3. Latihan. Mempelajari sebuah kata tidak akan memberikan efek apa-apa jika Anda mudah lupa atau melupakannya. Penelitian menunjukkan bahwa dalam mempelajari kosa kata diperlukan 10 hingga 20 kali pengulangan untuk membuat kata tersebut melekat dalam ingatan Anda. Anda dapat mencoba untuk menuliskannya, mungkin di buku atau juga bisa pada flashcard yang bisa Anda baca lagi kemudian. Baca ulang kosa kata tersebut secara rutin untuk mengetahui apakah Anda sudah melupakan kata baru tersebut atau belum.

4. Buatlah banyak asosiasi atau hubungan yang mungkin. Sebutkan kata tersebut dengan keras untuk memngaktifkan ingatan audio Anda. Contohnya kata beautiful yang memiliki arti sama dengan kata pretty, lovely, dll.

5. Biasakan mencari tau arti dari kosa kata yang tidak Anda ketahui. Jika Anda memiliki program kamus di computer Anda, gunakanlah. Sudah terdapat pula banyak kamus-kamus online di internet yang dapat dengan mudah Anda gunakan seperti sederet.com, google translate, thesaurus, dll. Gunakanlah thesaurus jika Anda sedang menulis dan ingin menemukan kata yang paling tepat untuk hal yang Anda maksud.

6. Bermain kata. Permainan scrabble, boggle, atau crossword puzzles adalah jenis permainan kosa kata bahasa Inggris yang dapat ANda gunakan untuk meningkatan kemampuan kosa kata Anda. Selain dapat membantu Anda dalam belajar, permainan-permainan tersebut juga sangat menyenangkan.

7. Gunakan daftar perbendaharaan kata. Bagi pembelajar yang serius, terdapat banyak buku yang berfokus pada kosa kata yang biasanya kita temukan dalam tes-tes yang telah distandarisasi seperti SAT dan GRE. Juga terdapat banyak situs kosa kata yang menarik di internet. Beberapa diantaranya dapat mengirim Anda sebuah kata perhari melalui email.

8. Lakukan tes perbendaharaan kata (vocabulary test). Ujilah pengetahuan Anda tentang kata-kata bahasa Inggris yang Anda pelajari. Terdapat banyak situs-situ online yang menyediakan soal-soal tentang vocabulary.

9. Bersemangatlah mempelajari kosa kata, baik kosa kata baru ataupun yang menjadi pengetahuan Anda. Menghargai setiap perbedaan makna dan arti antara mereka. Apakah anda tahu perbedaan antara suatu kata yang menunjukkan sesuatu yang lain? Jika tidak, cari tahu lah. Belajarlah pula untuk mengucapkan kosa kata tersebut dengan benar-benar kemudian ekspresikanlah dalam tulisan Anda. Berpikirlah positif bahwa kemampuan vocabulary Anda akan meningkat dengan berbagai usaha Anda dalam memperlajarinya. Masa depan anda dapat bergantung pada seberapa banyak kosa kata yang Anda kuasai. Sebagian besar tes menjadi pegawai ataupun tes masuk perguruan tinggi membutuhkan pemahaman vocabulary yang baik . Ini juga akan membantu Anda dalam mengerjakan tes-tes yang telah distandarisasi terutama dalam tes masuk perguruan tinggi. Hal ini juga menentukan kualitas komunikasi anda dalam bahasa Inggris. Maka bersemangatlah dalam mempelajari vocabulary ataupun bagi yang sedang meningkatkan jumlah kosa kata dalam bahasa Inggris.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *