Contoh Analytical Exposition Text Tentang Pendidikan dan Artinya

Posted on

Contoh Analytical Exposition Text Tentang Pendidikan dan Artinya – Pendidikan adalah isu yang begitu penting di negara ini, seperti teks berikut, juga akan membahas mengenai pendidikan. Area bagian mana yang akan dibahas? Yuk kita ikuti teksnya. 🙂

 

Compulsory Education Program

In Indonesia, the government has been making laws on compulsory education for 12 years that will be started in the academic year 2013 and 2014. The laws is not separated from the role of government, especially the education minister which aims to make children in Indonesia get provisions for the better  future.

There are some reasons and goals why the government wants to apply the compulsory education program. Firstly, this is the step of the government to educate the young generation which will be the next generation. The young generations are expected to open up their mind. Because, the progress and development of the country are in the hands of the youth who have high nationalism that will make our beloved Indonesia is better than before.

In addition to the existence of this education program, the government expects the children of Indonesia will not be left behind with the newest information, science and technology that keep growing and progressed along with the development of the days in this modern and advanced world. Our young generation should be up-to-date about the newest knowledge.

Not only that, by the program of compulsory 12-year-education, the government indirectly have reduced the number of Indonesian people who are illiterate, can not read, as well as writing. Some of Indonesian societies are still illiterate. This can happen because in the past time they were in low economy level and they preferred to find a job to get the money rather than to follow education at school. According to their opinion, if they only study, they will be waste time. They thought that they need money. They chose to work to survive their lives. The government expects that there will be no Indonesian people who are illiterate by the compulsory education program.

This is an effort from the government to advance the development of education in Indonesia. By obliging the young generation to learn until 12 years, they are expected to get a worthy job or be able to continue until university. Indirectly the government has taken a role in reducing unemployment in Indonesia so that they can increase the welfare of their family and they have a better life in the future.

The government makes this program of education for people who are in low economy level. By the help from the government, the government hope that there is no child who does not go to school due to the high cost. The government also gave grants to provide education places like the aid of computers, books and other needs that can support the teaching and learning more effective and efficient. The government provides help to make Indonesian education becomes better than before and to compete with the other nations.

Those opinions can describe the efforts of the government for education in Indonesia by having 12-year-compulsary education program, why can this be? The reason why the government is trying to apply that program is of course for our young generations to be the agent to develop and advance our country.

Artinya:

Program Pendidikan Wajib

Di Indonesia, pemerintah telah membuat undang-undang tentang wajib belajar selama 12 tahun yang akan dimulai pada tahun akademik 2013 dan 2014. Undang-undang ini tidak lepas dari peran pemerintah, terutama menteri pendidikan yang bertujuan untuk membuat anak-anak di Indonesia mendapatkan ketentuan untuk masa depan yang lebih baik.

Ada beberapa alasan dan tujuan mengapa pemerintah ingin menerapkan program wajib belajar. Pertama, ini adalah langkah pemerintah untuk mendidik generasi muda yang akan menjadi generasi berikutnya. Generasi muda diharapkan untuk membuka pikiran mereka. Karena, kemajuan dan pembangunan negara berada di tangan pemuda yang memiliki nasionalisme yang tinggi serta akan membuat Indonesia tercinta menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain adanya program pendidikan ini, pemerintah mengharapkan anak-anak Indonesia tidak akan tertinggal dengan informasi terbaru, ilmu pengetahuan dan teknologi, yang terus berkembang dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman di dunia modern dan canggih ini. Generasi muda kita harus up-to-date tentang pengetahuan terbaru.

Tidak hanya itu, dengan program wajib belajar 12 tahun, pemerintah secara tidak langsung telah mengurangi jumlah orang Indonesia yang buta huruf dalam artian tidak bisa membaca, serta menulis. Beberapa masyarakat Indonesia masih buta huruf. Hal ini bisa terjadi karena di masa lalu mereka berada di tingkat ekonomi rendah dan mereka lebih suka mencari pekerjaan untuk mendapatkan uang daripada mengikuti pendidikan di sekolah. Menurut pendapat mereka, jika mereka hanya belajar, mereka akan membuang-buang waktu. Mereka berpikir bahwa mereka lebih membutuhkan uang. Mereka memilih untuk bekerja untuk bertahan hidup hidup mereka. Pemerintah berharap bahwa tidak akan ada orang Indonesia yang buta huruf dengan program wajib belajar.

Ini merupakan upaya dari pemerintah untuk memajukan perkembangan pendidikan di Indonesia. Dengan mewajibkan generasi muda untuk belajar sampai 12 tahun, mereka diharapkan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak atau dapat berlanjut sampai perguruan tinggi. Secara tidak langsung pemerintah telah mengambil peran dalam mengurangi pengangguran di Indonesia sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka dan mereka memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Pemerintah membuat program ini pendidikan bagi orang-orang yang berada di tingkat ekonomi rendah. Dengan bantuan dari pemerintah, pemerintah berharap bahwa tidak ada anak yang tidak bersekolah karena biaya yang tinggi. Pemerintah juga memberikan hibah untuk menyediakan tempat pendidikan seperti bantuan komputer, buku, dan kebutuhan lain yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien. Pemerintah memberikan bantuan untuk membuat pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya dan untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Pendapat-pendapat di atas dapat menggambarkan upaya pemerintah untuk pendidikan di Indonesia dengan cara menjalankan program pendidikan 12 tahun, mengapa ini bisa terjadi? Alasan mengapa pemerintah mencoba menerapkan program tersebut, tentu saja agar generasi muda kita untuk menjadi agen untuk mengembangkan dan memajukan negara kita.