Contoh Discussion Text About Abortion (Aborsi) dan Artinya

Posted on

Contoh Discussion Text About Abortion (Aborsi) dalam Bahasa Inggris dan Artinya – Bagaimana tanggapan masyarakat mengenai aturan aborsi yang diberlakukan oleh pemerintah? Berikut ini terdapat sebuah discussion text mengenai aborsi lengkap dengan artinya yang bisa memberikan persepsi-persepsi mengenai discussion text.

Pro and Cons Government Regulation (PP) no. 61 about Abortion

Abortion is an attempt which is made to terminate the pregnancy before 20 weeks which cause the death of fetus. It is currently done by people, especially among young women. They have a variety of reasons for doing this such as health, protection and others. However, some people see abortion as a criminal act. The discourse about abortion always causes disagreement in the community which is never ended. Even the government has issued Government Regulation (PP) No. 61 on the case reproductive health. These new regulation will legalize abortion. Many people support the new rules but not least also strongly oppose this legislation. So, how is the headway of the topic of abortion so far? The following are the pros and cons of abortion.

If it is considering from those who support the legalization of abortion, they strongly agree with this action by a variety of reasons. The first reason is to save woman because of health factors. They argue that banning abortion is not protecting women but it will result so many deaths of women due to unsafe abortion. By legalizing abortion, they no longer have an abortion in places or clinic that is not safe. There will be appeared abortion practices with has good medical standard and safe. Another reason is to protect pregnant mothers which endanger their lives so that requires them to abort their babies.

The second reason is to save women from sexual violence such as rape and others. Women who are pregnant because of rape definitely do not want the pregnancy. If the pregnancy is occurred, it will lead to cases of baby neglecting or even murder of baby. Therefore, those who agree in legalizing abortion assume that it will protect the rights of women and prevent crime for the baby later.

The reasons above looked logical however, not a few of people against the government regulation which legalize abortion. There are so many reasons why the legalization of abortion should be stopped. The first factor is from religious factor. Abortion is prohibited because it is an act of murder. By aborting their pregnancy, it means they kill their own baby. As we know that murder is a very big sin for every religion in Indonesia. Therefore, the Government Regulation (PP) no. 61 should be reconsidered.

Moreover, the legalization of abortion would be misused for those who love free sex. They are no longer afraid do free sex because they will feel safe, if pregnancy is occurred. It is what public are afraid of now. As a result the legalization of abortion is going to demoralize the nation values because of free sex.

Based on the brief discussion above, government regulation (PP) no. 61 which has been issued raises the pros and cons in the community. Many people agree with this regulation but many people are also opposed this regulation. As an eastern nation that has a moral, government should consider stopping this regulation because it is not suitable with our nation’s moral.

Artinya:

Pro kontra Peraturan Pemerintah n0. 61 tentang Aborsi

Aborsi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menggugurkan kandungan sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu yang akan meyebabkan kematian janin. Saat ini Aborsi banyak dilakukan terutama dikalangan perempuan. mereka memiliki beragam alasan untuk melakukannya diantaranya adalah untuk kesehatan, perlindungan dan lain-lain. Namun, sebagian masyarakat memandang tindakan aborsi sebagai tindakan criminal. Perbincangan mengenai tindakan aborsi ini selalu menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat yang tak kunjung usai. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan peraturan pemerintah (PP) no 61 tentang kesehatan reproduksi. Peraturan baru ini melegalkan tindakan aborsi. Banyak masyarakat yang mendukung peraturan baru ini tetapi tidak sedikit juga yang menentang dengan keras peraturan ini. Jadi, bagaimana perkembangan topik aborsi sejauh ini? berikut adalah Pro dan kontra tentang tindakan aborsi.

Jika dilihat dari pihak yang mendukung pelegalan aborsi, mereka sangat menyetujui tindakan ini dengan berbagai macam alasan. Alasan pertama adalah untuk menyelamatkan si perempuan karena faktor kesehatan. Mereka berpendapat bahwa pelarangan aborsi bukannya untuk melindungi perempuan namun malah berakibat banyaknya kematian perempuan karena tindakan aborsi yang tidak aman. Dengan dilegalkannya tindakan Aborsi, mereka tidak lagi melakukan aborsi di tempat-tempat atau klinik yang tidak aman. hal ini akan mencegah kematian ibu hamil karena akan bermunculan praktek-praktek aborsi yang sesuai dengan standard medis. Alasan lain adalah melindungi ibu-ibu yang hamil namun berbahaya bagi nyawa mereka sehingga mengharuskan mereka untuk menggugurkan bayinya.

Yang kedua adalah, untuk menyelamatkan perempuan dari tindakan kekerasan seksual seperti pemerkosaan dan lain-lain. Perempuan-perempuan yang hamil karena tindakan pemerkosaan pasti tidak mengingikan kehamilan itu. jika pun terjadi kehamilan, malah akan menimbulkan kasus penelantaran atau bahkan pembunuhan terhadap sang bayi. oleh karena itu, mereka yang setuju beranggapan melegalkan tindakan aborsi ini akan melindungi hak perempuan dan mencegah terjadinya kejahatan bagi sang bayi kelak.

Alasan,alasan diatas memang terlihat logis, namun tidak sedikit juga yang menentang keras tindakan pelegalan aborsi di dalam peraturan pemerintah ini. ada banyak pertimbangan mengapa pelegalan tindakan aborsi ini harus dihentikan diantaranya adalah. Jika dilihat dari faktor agama, tentu tindakan ini sangat dilarang karena Aborsi merupakan tindakan pembunuhan. dengan mengugurkan kandungannya berarti mereka telah membunuh bayi mereka sendiri. Seperti yang kita tahu pembunuhan merupakan dosa yang sangat besar bagi setiap agama di Indonesia.  Oleh karena itu, Peraturan Pemeritah (PP) no. 61 ini harus dipertimbangkan kembali.

terlebih lagi, pelegalan tindakan aborsi malah akan disalah gunakan bagi mereka yang menyukai seks bebas. mereka menjadi tidak takut lagi melakukan perbuatan itu karena mereka akan merasa aman jika hamil di luar nikah. hal inilah yang sangat ditakutkan oleh masyarakat. Akibat dari pelegalan tindakan aborsi ini malah akan menurunkan moral bangsa akibat dari perbuatan seks bebas.

Berdasarkan diskusi singkat di atas, Peraturan pemerintah no. 61 yang telah dikeluarkan oleh pemerintah menimbulkan pro dan kontra di masyrakat. Banyak pihak yang setuju namun banyak pula yang menentang keras masalah ini. Sebagi bangsa timur yang memiliki moral pemerintah harus mempertimbangkan kembali Peraturan ini karena tidak sesuai dengan nilai-nilai moral bangsa kita.

Comments are closed.