Contoh Artikel/Essay Bahasa Inggris Tentang Kebudayaan Beserta Artinya

Posted on

Contoh Artikel/Essay Bahasa Inggris Tentang Kebudayaan Beserta Artinya – Kebudayaan merupakan salah satu hal yang terus dibahas dalam kehidupan manusia, seperti essay berikut ini, melakukan pembicaraan mengenai bagaimana kebudayaan Indonesia yang terus terkikis. đŸ™‚

Indonesian Cultural Existence almost Disappears in its Own Home

Indonesia is a country that has various cultures. This culture diversity occurs because Indonesia country consists of hundreds of islands where each island has its own culture. However, currently Indonesian culture is in danger of being lost because eroded by the times. There are so many factor that make Indonesia’s culture is in danger. Those factors are from inside and outside. Through this paper, the authors will describe those factors that cause the endangerment of native Indonesian culture. Here are two paragraphs that discussing those factors:

The first is factor from inside. The decreasing of Indonesia’s culture existence in its own home is caused by its own people that ignore their culture especially for teenagers. They are lulled by modern life and started to forget the values which is inherited by their ancestors. For example, local languages, cultural ceremony, customs and Indonesian traditions have been lost in society. Now, we could see no one wants to use local language because they are embarrassed called plebeian. Besides the teenagers who do not care anymore with the culture, government also less responsive in dealing with this problem. There is no real attempt from government to sustain Indonesians culture.

The second is external factors. The Rapid flow of information which comes to Indonesia also effects the erosion of Indonesian culture. Many foreign cultures, especially Western cultures have come and grew in Indonesia. Those western cultures are incompatible with the Indonesians values as eastern nations. It also gives bad effect in Indonesian’s norm as eastern nation. Nowadays, we can see the fashions of clothing that does not conform to the norms, habits drunk, and poor lifestyle has grown in Indonesia.

In short, the reduction of Indonesian culture existence in his own country as a result of several factors. They are inside and outside factors. For maintaining the continuity of Indonesia’s Culture, let us keep our own culture. Especially we as young people do not feel embarrassed to preserve our culture and also stem western cultures which come into our country. If we have lost our original culture means we have lost our own national identity.

Artinya:

Keberadaan Budaya Indonesia hampir Menghilang di Rumahnya Sendiri

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak berbagai budaya. Keragaman budaya ini terjadi karena negara Indonesia terdiri dari ratusan pulau-pulau di mana masing-masing pulau memiliki budayanya sendiri. Namun, saat ini budaya Indonesia terancam hilang karena terkikis oleh waktu. Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan budaya Indonesia berada dalam bahaya. Faktor-faktor tersebut berasal dari dalam dan luar. Melalui tulisan ini, penulis akan menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terancamnya budaya asli Indonesia. Berikut adalah dua paragraf membahas faktor-faktor tersebut:

Yang pertama adalah faktor dari dalam. Penurunan keberadaan budaya Indonesia di rumahnya sendiri disebabkan oleh rakyatnya sendiri yang mengabaikan budaya mereka terutama untuk remaja. Mereka terbuai oleh kehidupan modern dan mulai melupakan nilai-nilai yang diwariskan oleh nenek moyang mereka. Sebagai contoh, bahasa daerah, upacara budaya, adat dan tradisi Indonesia telah hilang di masyarakat. Sekarang, kita bisa melihat tidak ada yang mau menggunakan bahasa lokal karena mereka malu disebut kampungan. Selain remaja yang sudah tidak peduli lagi dengan budaya, pemerintah juga kurang responsif dalam menangani masalah ini. Tidak ada upaya yang nyata dari pemerintah untuk mempertahankan budaya Indonesia.

Yang kedua adalah faktor eksternal. Derasnya arus informasi yang datang ke Indonesia juga mempengaruhi terkikisnya budaya Indonesia. Banyak budaya asing, khususnya budaya Barat telah datang dan tumbuh di Indonesia. Budaya-budaya barat itu tidak sesuai dengan nilai-nilai Indonesia sebagai negara timur. Hal ini juga memberikan efek buruk dalam norma Indonesia sebagai bangsa timur. Saat ini, kita bisa melihat mode pakaian yang tidak sesuai dengan norma-norma, kebiasaan mabuk, dan gaya hidup yang buruk telah berkembang di Indonesia.

Singkatnya, pengurangan keberadaan budaya Indonesia di rumahnya sendiri sebagai akibat dari beberapa faktor. Mereka adalah faktor dari dalam dan luar. Untuk mempertahankan kelangsungan Budaya Indonesia, marilah kita menjaga budaya kita sendiri. Terutama kita sebagai pemuda jangan merasa malu untuk melestarikan budaya kita dan juga kita harus membendung budaya barat yang datang ke negara kita. Jika kita telah kehilangan budaya asli kita berarti kita telah kehilangan identitas nasional kita sendiri.