Program Pelatihan ke United States Bagi Guru SMP/SMA 2015  

loading...

Ini merupakan sebuah kabar gembira bagi Anda yang merupakan seorang guru SMP/SMA. Terdapat sebuah program yang bernama International Leaders in Education Program (ILEP). Ini adalah sebuah program yang diperuntukkan sebagai beasiswa para guru SMP/SMA di tahun 2015. Beasiswa tersebut berasal dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS.

Di US, seorang guru yang terpilih akan memperoleh latihan yang intensif mengenai metodologi, berbagai rencana pembelajaran, strategi mengajar, kepemimpinan atau leadership, penggunaan komputer, edukasi mengenai rencana pembelajaran, serta bagaimana seorang guru sebaiknya mengolah kata serta menggunakan berbagai macam alat bantu mengajar.

Pelatihan intensif bukan hanya satu-satunya aktivitas edukasi yang diberikan oleh para mentor. Tetapi, seorang pelamar yang terpilih nantinya juga akan mendapatkan kesempatan untuk kuliah selama satu semester di salah satu Universitas di US.

Peserta beasiswa akan mendapatkan pembekalan sebelum mereka berangkat ke Amerika. Pembekalan tersebut dilaksanakan di Indonesia. Kemudian, peserta akan mendapatkan tiket pesawat pulang pergi dari Indonesia ke Amerika Serikat dan sebaliknya. Terdapat juga orientasi kedatangan di Washington DC.

Sementara untuk fasilitas keuangan dan akomodasi, maka peserta akan memperoleh biaya program akademik, biaya tempat tinggal, biasa asuransi untuk kecelakaan serta kesehatan, dan termasuk juga uang saku untuk kebutuhan makan serta ongkos harian peserta.

Berbagai tunjangan yang diberikan adalah tunjangan pemberian laptop, tunjangan pengembangan professional, tunjangan bagasi, dan bahkan seorang peserta beasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengajukan sebuah bantuan atau hibah kepada para kolega yang ada di US.

Advertisement

Persyaratan Beasiswa:

  1. Anda merupakan seorang guru SMP/SMA yang saat ini sedang mengajar pada bidang ilmu sosial (IPS), pendidikan kewarganegaraan (PKn), sains (IPA), matematika, dan pada ilmu bahasa Inggris.
  2. Anda sudah mendapatkan pengalaman mengajar selama minimal 5 tahun.
  3. Kewarganegaraan Indonesia.
  4. Anda mampu menulis menggunakan bahasa Inggris. Hal itu dibuktikan melalui skor minimum ITP TOEFL yang minimal 500, kemudian IELTS 5.0, atau IBT TOEFL yaitu 60/61.

Berbagai macam dokumen yang diperlukan:

  1. Formulir aplikasi beasiswa
  2. Curriculum vitae
  3. Satu halaman yang memuat statement of purpose dan ditulis dengan jelas
  4. Melakukan pengisian terhadap formulir rekomendasi serta formulir dukungan institusi
  5. Salinan dari kartu identifikasi berupa KTP atau paspor

Anda bisa mengunduh formulir disini.

Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa segera menyiapkan dokumen tersebut di atas. Kemudian antar atau kirimkan langsung ke:

AMINEF OFFICE

CIMB NIAGA PLAZA, LANTAI 3

Jl. Jendral Sudirman Kav. 25

Jakarta 12920

Aplikasi tersebut sudah harus diterima oleh panitia paling lambat tanggal 15 April 2015. Jika Anda mempunyai pertanyaan, maka silakan ajukan melalui email [email protected] atau Anda bisa cek di www.aminef.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *