Explanation Text – Pengertian, Generic Structure, dan Contoh dalam Bahasa Inggris  

Explanation text merupakan bagian yang cukup penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mungkin teman-teman sudah akrab akan jenis teks ini, namun saya yakin banyak juga yang belum. Seperti namanya, explanation text mempunyai tujuan explain atau menjelaskan. Mungkin Anda ingin tahu apa yang dimaksud dengan komputer, maka explanation text hadir untuk memenuhi keinginan Anda dalam rangka menjelaskan definisi, mengapa komputer itu penting, dan bagaimana proses pembuatan komputer.

Penjelasan mengenai explanation text secara lebih rinci akan kita bahas melalui sub-sub uraian yang ada di bawah ini.

A. Pengertian Explanation Text

Explanation text merupakan sebuah tulisan, wacana, atau text dengan tujuan menjelaskan mengapa sesuatu terjadi dan bagaimana sesuatu terjadi. Tidak hanya sebatas itu, explanation text juga bisa berbentuk penjelasan mengenai prosedur tertentu. Misalkan ada teks yang menerangkan atau menjelaskan secara detail mengenai cara pembuatan website. Teks tersebut menjelaskan mulai dari cara membuat email, cara membeli nama website, dan cara mengonlinekan website tersebut. So, teks seperti itu juga disebut sebagai explanation text.

Topik-topik yang diikutsertakan dalam explanation text antara lain fenomena alam, ilmu pengetahuan, ilmu buaya, dan sosial.

B. Tujuan dari Explanation Text

Tujuannya untuk menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana sesuatu terjadi.

Advertisement

C. Generic Structure dari Explanation Text

1. General Statement

General statement merupakan area yang berisi penjelasan umum mengenai fenomena apa yang akan dibahas. General statement bisa berbentuk pengenalan fenomena atau penjelasan dasar mengenai fenomena tersebut.

2. A Sequenced of Explanation

Disinilah terjadi penjelasan mengenai mengapa dan bagaimana fenomena tersebut terjadi. Misalkan ada explanation text mengenai sepeda, maka disini dijelaskan mengapa orang memerlukan sepeda dan bagaimana proses pembuatan sepeda tersebut berlangsung.

3. Closing

Closing mempunyai dua kubu pengertian. Sebagian menganggap bahwa closing adalah bagian terakhir di sequenced of explanation, sementara sebagian yang lain mendefinisikan bahwa closing itu tidak ada dan bagian yang merupakan closing dianggap sebagai bagian dari sequenced of explanation itu sendiri.

Saya cenderung tidak memilih keduanya dan menganggap bahwa closing merupakan kesimpulan dari fenomena yang dijelaskan, sehingga tidak terkait dengan sequenced of explanation.

D. Ciri Kebahasaan dari Explanation Text

Berbagai cirri kebahasaan dari explanation text antara lain adalah:

  1. Menggunakan simple present tense
  2. Menggunakan kata penghubung antar kalimat berupa then, as a result, so, if, because, therefore
  3. Menggunakan penanda urutan peristiwa misalnya: first, then, next, after, finally
  4. Menggunakan action verbs

E. Contoh Explanation Text

Flood

General Statement: Flooding is a natural phenomenon that usually happens in a lot of areas drained by the river flow. In simple terms, it can be defined as the presence of flood water in a vast region that covers the area of the earth’s surface.

Sequenced of explanations: Flooding process itself occurs when the rains come and cause water sources such as rivers, seas, lakes, and ditches no longer able to accommodate the water drop. The barren land covered with trees without overflowing water will speed up the process of proficiency level, because the trees that should absorb the water have been used as a furniture material. When the water source is no longer able to accommodate, the water will overflow and flow into residential areas and have a big impact. Nowadays, flood is an annually happening in some big cities in Indonesia, especially Jakarta.

Closing: So, that’s the explanation of flood and how does it happen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *