Pengertian dan Contoh News Item Text Secara Singkat dan Jelas

loading...

News item text. Sebenarnya sederhana pengertiannya. Bahkan dari frasenya saja sudah tampak bahwa ini adalah teks yang bersifat news atau mempunyai tujuan untuk memberikan informasi penting kepada para pembaca.

Berita actual yang Anda baca di Koran, baik itu dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, tentu disebut sebagai news item.

Jadi, kalau ditanya apa itu news item? Jawab saja berita aktual, gampang bukan? Nah, kalau sudah mengerti secara garis besar, maka kita alihkan sejenak ke penjelasan yang lebih lengkap.

Tujuan Komunikatif dari News Item

Tujuan dari news item text adalah memberikan informasi mengenai peristiwa harian misalkan berita politik, kecelakaan, kriminal, dan gossip selebiriti. Pertimbangan apakah berita tersebut pantas dibuat sebagai news item atau tidak adalah dari segi apakah penting atau layak tidaknya suatu berita.

Sebuah peristiwa kecelakaan dianggap penting dan harus dijadikan news item misalnya agar orang yang ingin melewati jalan tersebut harus berhati-hati sehingga kecelakaan tidak menimpa si pembaca berita. Kemudian, sebuah peristiwa dianggap pantas dijadikan berita misalnya karena berita tersebut tidak mengumbar aib orang lain secara gamblang yang bisa menimbulkan isu konflik lebih jauh. Atau, bisa juga sebuah peristiwa dianggap layak atau tidak karena validitas sumber berita. Jika sumbernya valid maka peristiwanya layak dan bisa diangkat menjadi sebuah news item.

Advertisement

Struktur Teks dari News Item

1. Main / Newsworthy Event: Peristiwa / kejadian utama

Bagian ini berisi waktu, tempat, dan peristiwa apa yang sedang terjadi.

2. Elaboration:

Di elaboration, akan dijelaskan secara lebih detail. Penulis akan menyajikan fakta dan isu lebih dalam terkait dengan penyebab peristiwa, faktor-faktor yang mendukung, dan bahkan dampak di kemudian hari akibat peristiwa tersebut.

3. Resource of Information (Source): Sumber informasi

Source merupakan salah satu indikator apakah sebuah kejadian layak atau tidak dijadikan berita. Di dalam sebuah news item, sang penulis berita wajib menyertakan sumber. Misalnya sumber lapangan seperti saksi mata, catatan atau riset dari para ahli, dan bahkan main character atau pelaku dan korban suatu kejadian.

Tentunya, sumber berita bertujuan untuk mendapatkan dan menyajikan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan dan bukan sekedar asal menulis tanpa ada kebenaran yang dapat dibuktikan sama sekali.

Contoh News Item

 

[table id=58 /]

 

Elaboration and source saya gabung karena memang di dalamnya terdapat elaboration dimana penjelasan secara lebih mendalam mengenai peristiwa tersebut dimunculkan. Kemudian source hadir ketika ada kata-kata yang dikutip dari Menteri Zulkifli Hasan.

Sumber berita: The Jakarta Post: Kalimantan opens first botanical garden

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *