Memahami Perbedaan Antara Comma Splices dengan Run On Sentence

loading...

Seringkali kita menulis kalimat menggunakan koma. Kalau di bahasa Indonesia saya tidak tahu pasti aturannya. Namun di dalam bahasa Inggris ada dua hal yang tampak sama namun berbeda, yaitu comma splices dengan run on sentence.

Keduanya sama-sama kalimat yang menggunakan koma sebagai pemisah. Namun, orang sering mengira bahwa comma splices adalah run on sentence, padahal jelas berbeda satu sama lain.

Kemudian tentu saja, run on sentence sebaiknya tidak pernah terjadi di kalimat Anda, karena dosen saya mengatakan bahwa itu tidak tepat dan kalimat yang run on haruslah segera diberikan penghubung and, but, or, tanda titik, atau tanda titik koma. Mengapa demikian dan bagaimana penjelasan serta perbedaannya? Ikuti penjelasan berikut ini.

Comma Splices

  • Before she met me, she visited her grandma. (Sebelum dia bertemu denganku, dia mengunjungi neneknya.)
  • When I speak Spanish, people are amazed. (Ketika saya berbicara bahasa Spanyol, orang-orang kagum kepada saya.)
  • Because the rice is so expensive, people are amazed. (Karena harga beras yang begitu mahal, orang-orang memilih singkong.)

Perhatikan bahwa comma splices digunakan untuk memisahkan antara subordinate clause dengan main clause. Before she met me, when I speak Spanish, because the rice is so expensive adalah subordinate clause. Sementara she visited her grandma, people are amazed, people are amazed adalah main clause.

Sehingga tidak mengapa kita memberikan koma untuk memisahkan keduanya. Memang harus begitu agar kalimat yang kita buat tidaklah rancu dan tumpang tindih.

Kemudian bagaimana dengan run on sentences? Dimana letak perbedaannya? Di poin kedua kita akan membahas mengenai hal itu.

Advertisement

Run On Sentence

  • I go, she doesn’t. (Saya pergi, dia pergi.)
  • My brother was hungry, I bought him a pizza. (Kakak saya lapar, saya membelikannya sebuah pizza.)
  • They go to campus by bike, I go to work by car. (Mereka pergi ke kampus menggunakan sepeda, saya pergi bekerja menggunakan mobil.)

Run on sentences memang masuk ke dalam kategori comma splices. Namun, run on sentence tidaklah diperbolehkan karena kita menggabungkan dua main clauses yang notabene menggunakan dua buah kata kerja utama di satu kalimat.

Untuk membuatnya menjadi benar, kita bisa menggunakan coordinating conjunction (or, but, and, nor, so, yet), menggunakan tanda titik alias memisahkannya menjadi kalimat lain, atau menggunakan tanda titik koma.

Sederhananya, jika ketiga kalimat di atas diperbaiki, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

  • I go but she doesn’t.
  • My brother was hungry, so I bought him a pizza.
  • They go to campus by bike and I go to work by car.

Itulah sedikit penjelasan mengenai comma splices dengan run on sentence. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *