Cara Membuat Kerangka Karangan Agar Memudahkan Anda dalam Menulis  

loading...

Kerangka karangan menurut saya adalah sebuah susunan yang tujuannya memudahkan kita untuk menulis. Kerangka yang dibuat cukuplah sederhana. Pertama terdiri atas thesis statement yaitu sebuah kalimat yang mewakili ide keseluruhan teks yang akan dibuat.

Kedua, ada topic sentence yang merupakan sub ide pertama dari karangan yang akan Anda ciptakan. Terakhir, terdapat sub ide kedua yang isinya adalah ide-ide pendukung dari sub ide yang telah dibuat sebelumnya atau bisa disebut sebagai supporting details.

Mungkin tampak membingungkan penjelasan saya di atas. Tenang saja, ada contoh bagaimana membuat sebuah kerangka karangan yang mudah di bawah ini. Silakan terlebih dahulu Anda lihat kerangka karangannya, kemudian setelah itu akan saya berikan review singkat.

Thesis statement : Three people helped me to fix my problems when I came to  Lampung University as a new student.
Topic sentence 1 : My cousin, Baskoro Priyudinto helped when I had to go to Lampung University as the first time.
  • He accompanied me to go to Unila and informed me about the campus life.
  • He helped me to register in Lampung University.
  • He paid my bill in the canteen and gave me the money to go home.
Topic sentence 2 : My senior in SMA, Vera Kurnia Chairani helped me when I went to Lampung University in order to attend student orientation.
  • She permitted me to put my broken motorcycle in her boarding house and gave me a ride to go to the campus.
  • She helped me to get into Lampung University’s hall.
  • She found an alma mater jacket for me.
Advertisement
Topic sentence 3 : My cousin, Gita Intan Putri helped me when the first time I studied in English Department.
  • She helped me to make an English paper as the task of a new student.
  • She borrowed me many books that I used in the first semester.
  • She gave me the tricks to get good scores in English Department.

Ini adalah kerangka yang menceritakan bagaimana seorang mahasiswa baru berada di kampusnya pertama kali. Di dalam thesis statement, ia mengatakan inti dari story yang akan dibuat adalah ada tiga orang yang membantunya ketika ia berada di sebuah kampus baru.

Tiga orang tersebut adalah sepupu laki-lakinya, seniornya di sekolah dahulu yang juga kuliah di kampus tersebut, dan yang ketiga adalah sepupu perempuannya. Aktivitas bersama ketiganya ditaruh sebagai topic sentence atau sub ide pertama.

Sementara itu, setiap sub ide dibuat lagi topik-topik yang akan dibahas untuk penguraian ide secara lebih lanjut. Si penulis membuat 3 topik lagi dari setiap topic sentence. Kita bahas di topic sentence pertama, disitu dikatakan bahwa sepupunya membantu ketika pergi ke Universitas untuk pertama kali.

Bantuan yang diberikan diuraikan kembali menjadi tiga jenis yaitu mengantar serta memberikan informasi mengenai kehidupan kampus, membantu mendaftarkan diri di Universitas, dan yang ketiga membayar bill atau tagihan makan serta memberikannya uang untuk pulang.

Dari setiap topik di atas, semua akan diuraikan untuk membentuk sebuah karangan yang lengkap. 🙂

Sederhananya begini, kerangka karangan membantu kita membuat map atau pola yang kemudian akan kita jelaskan satu demi satu setiap polanya sehingga membentuk bacaan.

Semoga artikel singkat ini memberikan manfaat kepada Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *