5 Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Seorang Guru Personal

loading...

Pandangan kita, sangat mudah apabila memiliki seorang guru yang secara langsung memandu pembelajaran dari A sampai Z. Tetapi situasi kadang berbeda, ada banyak faktor yang membuat kita tidak berada di samping seorang yang ahli. Entah itu faktor keuangan, waktu, ketidakcocokan dengan si pengajar, dan masih banyak lagi.

Kalau Anda sudah banyak menemukan ketidaksesuaian, maka kenapa tidak mencoba belajar bahasa Inggris sendirian? Sendirian disini maksudnya tanpa ditemani oleh seorang guru personal. Anggaplah semua yang ada di sekeliling Anda adalah guru. Entah itu TV atau Radio, meskipun keduanya benda mati, tetapi jika Anda kreatif memanfaatkannya, tentulah benda-benda tersebut bisa dijadikan sebagai “guru”.

Mau tahu bagaimana caranya? Setidaknya ada 5 tips belajar yang bisa Anda dioba.

1. Posisikan Diri Anda Sebagai Anak Kecil

Cara sempurna ketika Anda benar-benar “buta” bahasa Inggris adalah memposisikan diri sebagai anak-anak. Buka buku cerita, film, dan lagu anak dalam bahasa Inggris. Terkesan konyol ketika kemana-mana Anda mendengarkan lagu Twinkle Twinkle Little Star, namun memang begitu sebaiknya.

Belajar menggunakan apa yang dimiliki oleh anak-anak membuat Anda bisa lebih cepat mengerti karena language yang disediakan sesuai dengan kemampuan yang Anda punyai. Dengan percepatan pemahaman, Anda bahkan bisa meningkatkan kepercayaan diri. So, let’s think like a child.

2. Belajar Dari Apapun dan Lakukan Kapanpun

Ambil semua kesempatan. Ingat bahwa Anda tidak mempunyai seorang guru yang siap menjadi tembok paling belakang.

Kembali lagi ke anak kecil. Ketika belajar bahasa, anak-anak terbiasa mendengarkan apa yang dikatakan oleh Ayah, Ibu, Kakak, Lagu, Kartun, dan guru mereka. Kemudian secara perlahan mereka ucapkan kata-kata tersebut.

Advertisement

Setelah mereka mengucapkan kata, pikiran mereka kembali mencari. Akhirnya ditemukanlah frase, sampai akhirnya berubah menjadi kalimat yang utuh dan mereka bisa berbicara sesuai konteks.

Artinya, otak seorang anak tidak pilih-pilih ketika belajar. Mereka seperti menyadari bahwa mereka tidak tahu apa-apa dan harus mulai belajar. Segera setelah itu, seorang yang masih kanak-kanak tersebut mempelajari semua yang mereka temui, merekamnya, kemudian menggunakannya.

3. Enjoy Music

Setiap orang suka musik. Entah itu pop, country, atau metal sekalipun. Musik memberikan warna dalam pembelajaran bahasa Inggris kita. Tanpa disadari, ketika Anda sedang mendengarkan Adelle, Beyonce, atau lagu-lagu easy listening ala Boyce Avenue, artinya Anda sedang belajar bahasa Inggris.

Setelah mendengarkan, cobalah untuk menghafalkan lagunya dan nyanyikan sendiri. Tentunya, aktivitas tersebut bisa melatih listening dan speaking.

4. Use the News and Movies

Terkesan sulit memang. Namun ini sangat bermanfaat untuk membuat Anda semakin familiar dengan bahasa Inggris.

Dengan kedua jenis tool untuk belajar bahasa Inggris tersebut, Anda tidak hanya mempelajari kosakata, namun juga bagaimana seseorang menggunakan bahasa sesuai konteks, belajar tentang aksen, memperbanyak pengetahuan mengenai apa yang terjadi di dunia luar, dan belajar kebudayaan asing.

Karena belajar bahasa pada dasarnya bukan hanya tentang menghafal subjek dan predikat. Tetapi belajar bahasa milik sebuah Negara itu luas cakupannya.

5. Join an English Club

Bergabunglah ke klub bahasa Inggris entah itu online maupun offline. Buat diri Anda berada di lingkungan pembelajaran dimana orang-orangnya berinteraksi menggunakan bahasa Inggris.

Itulah 5 tips belajar bahasa Inggris tanpa seorang guru personal yang bisa Anda coba. Good luck!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *