5 Bagian yang Wajib Untuk Anda Libatkan Ketika Menulis Lesson Plan

Posted on

Lesson plan adalah bagian penting yang sudah selayaknya  diperhatikan detail demi detailnya. Setiap part yang kita tulis tentu harus mempunyai peran sehingga memaksimalkan proses pembelajaran yang ada. Apa saja part atau bagian yang wajib dicakup dalam sebuah lesson plan pembelajaran bahasa Inggris? 5 poinnya akan dijelaskan melalui kalimat-kalimat di bawah ini.

1. Warming up

Ambil porsi waktu 5-10 menit pertama untuk pemanasan. Yang dimaksud adalah Anda mengarahkan siswa untuk mengenal apa saja yang akan mereka pelajari di hari itu. Ketika pembelajaran berada di area narrative text, cobalah sama-sama memperdengarkan cerita pendek mengenai salah satu kejadian di kehidupan Anda setahun lalu.

Di warming up, Anda juga bisa mengajak mereka untuk flash back ke material sebelumnya atau melakukan hal lain yang menjadikan siswa bersemangat untuk face to face dengan Anda selama jam pelajaran tersebut.

2. Introduction

10 menit selanjutnya baru Anda jelaskan mengenai topik apa yang akan dibahas hari ini, bagaimana Anda membahasnya, dan apa yang seharusnya siswa lakukan dalam proses belajar.

3. Practice

Practice diisi dengan membuat mereka bekerja secara individual atau kelompok. Di pembelajaran narrative text, Anda bisa menjadikan siswa sebagai analis sebuah teks. Lakukan pembagian kelompok kerja secara berpasang-pasangan kemudian minta mereka untuk bekerja menemukan main idea, kata-kata sulit, tempat, dan karakter dalam cerita.

4. Production

Production berarti produksi. Dalam konteks narrative text, tentunya Anda menginstruksikan mereka, yang sudah melakukan analisis teks, untuk menghasilkan narrative text hasil karya mereka sendiri. Ajak anak-anak untuk kembali ke masa lalu serta mengingat liburan apa yang pernah mereka lakukan dan bagaimana story yang terjadi dari awal hingga akhir.

5. Review

Nah, ini dia tahap terakhir yang sering terlewatkan. Jangan lupa untuk member porsi review dengan melakukan tanya jawab mengenai apa yang telah siswa dapatkan hari ini, dimana letak part sulitnya, dan bagaimana penyelesaiannya.

Itulah 5 poin yang wajib ada di lesson plan Anda. Good luck!