13 Cara Untuk Membuat Anda Tetap Bersemangat Belajar Bahasa Inggris

loading...

Dunia pembelajaran bahasa Inggris bisa menjadi bagian paling membosankan dalam hidup Anda apabila tidak ada variasi cara yang digunakan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan ke 17 teknik berikut ini sehingga aktivitas belajar menjadi lebih bervariasi dan membuat pikiran Anda penuh semangat.

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dengan beat yang cukup cepat membuat Anda mampu memiliki energi serta motivasi di saat pikiran sedang bosan. Sementara itu, musik yang easy listening menjadikan Anda lebih rileks. Tentunya, dari musik Anda bisa mendapatkan kosakata dan ilmu baru tentang bagaimana seorang native speaker menyampaikan bahasanya.

2. Bermain Scrabble

Scrabble merupakan sebuah papan klasik dimana Anda bisa mengisi papan tersebut dengan kata-kata. Ini adalah cara yang baik untuk membuat kosakata meningkat dan semakin luas pembendaharaannya dari waktu ke waktu. Sekarang, jika ingin bermain scrabble maka tidak perlu repot lagi membawa papan besar kemana-mana, karena sudah ada permainan scrabble online yang lebih praktis untuk dimainkan.

3. Belajar bersama Youtube

Sudah saya share sebelumnya mengenai channel Youtube untuk belajar bahasa Inggris. Ada banyak channel yang menyediakan pembelajaran bahasa Inggris secara gratis dan dengan materi yang berbobot.

4. Belajar bersama Televisi Anda

Berlangganan TV kabel membuat Anda bisa mendapatkan banyak real life situations dalam rangka meningkatkan penguasaan bahasa Inggris.

5. Belajar di Tempat Baru

Duduk, membaca, menulis, dan melakukan aktivitas lainnya di tempat yang sama tentu saja membuat kita cepat bosan. Adalah lebih baik membawa grup diskusi Anda untuk berada di tempat-tempat yang berbeda setiap minggunya. Tempat berbeda akan memberikan suasana yang lebih segar serta pikiran dan ingatan yang juga lebih baik.

6. Menemukan Partner Bercakap-Cakap

Belajar sendirian tidaklah menyenangkan. Pikiran Anda juga bisa terbelenggu oleh aturan-aturan serta strategi belajar yang itu-itu saja. Carilah teman dan bergabunglah ke kmonitas-komunitas bahasa Inggris yang bisa membuat Anda tampil lebih berbeda.

Advertisement

7. Belajar Bahasa Inggris dengan Film

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan media ini, mungkin penyampaiannya begitu cepat dan menyulitkan. Namun, tidak mengapa jika Anda ingin mencobanya, toh aktivitas ini bisa memberikan kosakata-kosakata baru bukan?

8. Mempelajari Buku Anak-Anak

Seringkah merasa kesulitan jika harus mengikuti materi bahasa di kelas? Mungkin Anda harus menurunkan tingkat kerumitannya dengan mempelajari buku anak-anak. Materi anak-anak yang notabene lebih sederhana dan pendek akan mudah diikuti serta disimak.

9. Menemukan English Jokes

Jika ke toko buku, cobalah sempatkan waktu dan uang Anda untuk membeli buku-buku jokes atau lawakan di dalam bahasa Inggris. Melalui buku tersebut, pembelajaran Anda tidak monoton dimana Anda dapat belajar tentang budaya kelucuan bangsa Inggris yang bisa menambah pengetahuan jika harus berkomunikasi dengan mereka.

10. Mempelajari Slang

Ada banyak artikel pendek maupun panjang yang mengulas slang di dalam blog ini. Slang adalah bahasa yang asik dan menarik untuk dipelajari.

11. Karaoke

Adalah menyenangkan apabila Anda memutuskan untuk melihat lirik dan kemudian menyanyikannya. Meskipun terkesan bermain-main, namun cara ini sungguh apik untuk meningkatkan kualitas speaking.

12. Membaca Blog Bahasa Inggris

Blog yang mengulas tentang pembelajaran bahasa baik disampaikan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia penting untuk selalu Anda buka. Di dalamnya, terdapat materi-materi yang bisa mencerahkan serta meningkatkan kualitas keilmuan Anda.

13. Mulai Nge-Blog Menggunakan Bahasa Inggris

Berlatih dan berlatih. Ya, dengan membuat diri Anda terjun di dunia kepenulisan bahasa Inggris melalui blog, tentu writing skill akan terus meningkat. Cobalah untuk membuat blog bertema apapun yang disukai dan kemudian terbitkan tulisan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *