Types of Speeches atau Jenis-Jenis Pidato yang Wajib Anda Ketahui

Pidato baik itu bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, mempunyai berbagai jenis yang gaya penyampaiannya berbeda-beda. Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan, jenis pidato terbagi ke dalam empat kategori.

Tentu, penting bagi Anda untuk mengetahui keempat kategori pidato tadi. Karena paling tidak, wawasan kebahasaan Anda bisa semakin luas. Berikut ini terdapat uraian singkat mengenai empat jenis pidato tersebut.

1. Impromptu

Pidato ini sering terjadi di sebuth pertemuan baik itu bisnis maupun organisasi. Dinamakan sebagai pidato impromptu karena ini adalah sebuah speech yang diucapkan tanpa persiapan terlebih dahulu. Jadi si penyampai pidato bisa saja tidak mempunyai persiapan mengenai materi apa yang akan dia sampaikan di depan para hadirin.

2. Extemporaneous

Biasa juga dikenal dengan sebutan extemp. Pada dasarnya, ini merupakan sebuah pidato yang disampaikan pada acara perlombaan sehingga jenisnya sungguh berbeda dengan pidato impromptu. Di dalam konteks ini, si pembicara akan diberikan terlebih dahulu mengenai informasi apa yang akan disampaikan di mimbar nanti, sehingga ia mampu berbicara secara lebih teratur dan leluasa dalam mengeksplorasi ide yang ada di pikirannya.

Advertisement

3. Manuscript

Manuscript berarti naskah, sehingga pidato jenis manuscript merupakan sebuah jenis pidato yang mengharuskan seseorang untuk membaca naskah. Perlu Anda pahami bahwa bukannya seorang pembicara pidato tidak bisa memberikan materi, namun memang aturan yang ada mengharuskan adanya pembacaan naskah ketika berpidato. Pada umumnya, pidato jenis ini disampaikan ketika memberikan informasi mengenai kontrak, kebijakan baru, atau perjanjian, serta hal lain yang mengharuskan apa yang diucapkan sesuai dengan naskah yang tertulis.

4. Memorized

Menurut saya, pidato yang keempat ini adalah pidato yang cukup sulit untuk disampaikan kepada para hadirin. Ini karena pidato diawali dengan cara menulis naskah dari kata demi kata serta dilakukan oleh pembicara itu sendiri. Yang lebih menyulitkan lagi, si pembicara haruslah menghafal naskahnya tersebut sehingga ketika ia berbicara di depan public, ia tidak membaca naskah seperti yang dilakukan pada pidato manuscript.

Itulah 4 jenis pidato atau type of speeches yang perlu untuk Anda ketahui.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *