Perbedaan antara May Be dan Maybe dalam Penggunaan di Bahasa Inggris

May be dan maybe mempunyai penggunaan yang berbeda. Keduanya memang sama-sama berarti mungkin. Dua kata tersebut sering menjadi kesalahan banyak pembelajar dan pengguna bahasa Inggris. Sebenarnya, apa perbedaan antara may be dengan maybe? Silakan Anda lihat penjelasan berikut ini.

May be

May dan be adalah dua kata yang terpisah. May disini berperan sebagai modal verb yang digunakan untuk menyatakan kemungkinan akan sesuatu. Sedangkan be bertugas sebagai kata kerja pertama yang ada di depan modal verb.

Contoh kalimat:

  • She may be upset. (Dia mungkin bingung.)
  • My brother may be lost. (Kakak saya mungkin tersesat.)
  • She may be a genius student. (Dia mungkin adalah seorang siswa yang jenius.)
Advertisement

Maybe

Sedangkan maybe sama artinya dengan perhaps. Tugasnya adalah sebagai adverb bukan sebagai verb phrase. Jadi, kalimat yang melibatkan kata maybe haruslah menggunakan kata kerja karena maybe tidak berfungsi sebagai frase kata kerja.

Contoh kalimat:

  • My father maybe forgot about his promise. (Ayah saya mungkin lupa akan janjinya.)
  • I think maybe she can do it alone. (Saya pikir mungkin dia dapat melakukannya sendiri.)
  • Maybe it will rain. (Mungkin langit akan hujan.)

Bandingkan dengan kalimat-kalimat yang ada di contoh pertama, apa bedanya? Tentu saja kalimat di nomor dua menggunakan kata kerja utama yaitu forgot, think, dan will. Kemudian, maybe tidak berfungsi sebagai frase kata kerja, karena ia hanya berfungsi sebagai kata keterangan atau adverb.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *