Perbedaan Antara Like dan Alike dalam Bahasa Inggris

Like serta alike merupakan dua bagian yang terlihat sama di dalam bahasa Inggris. Namun, keduanya juga mempunyai perbedaan yang harus Anda mengerti sehingga tidak salah dalam menginputnya di dalam kalimat.

Keduanya, baik alike maupun like akan saya jelaskan melalui uraian berikut ini. Semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda.

Alike

Saya lihat di kamus, alike artinya adalah mirip, sama, seragam, atau serupa. Alike masuk ke dalam golongan adjective atau kata sifat. Contoh dalam bahasa Indonesia misalnya, kalian berdua mirip, dua batu itu terlihat mirip.

Sementara itu, untuk contoh dalam bahasa Inggris, Anda bisa melihat beberapa kalimat berikut ini:

  • Those guys looked a lot alike in many ways.
  • I think both of you are alike.
  • I don’t see them alike.
  • For me, that twin isn’t alike.
Advertisement

Like

Berbeda dengan alike, like dibagi ke dalam dua kategori yaitu adjective dan verb. Untuk adjective, artinya adalah bagai; sebagai; seperti; serupa; mirip. Contoh kalimatnya adalah, kamu seperti seekor monyet, atau kami mirip dengan seekor monyet.

Perhatikan penempatan kata. Ketika kita menggunakan alike, maka kata tersebut terletak di belakang, dan dalam bahasa Indonesia dia tiak berfungsi seperti kata kerja. Namun, kata like tidak terletak di belakang, dan ia mempunyai fungsi seperti kata kerja.

Alike: They are alike. (Mereka mirip.)

Like: You are like a dancer. (Kamu mirip seorang penari.)

Terlihat kan bedanya?

Sedangkan, like yang mempunyai bentuk kata kerja, mempunyai arti suka; sukai; menyukai. Misalnya, dia menyukai anjing, saya menyukai pizza, atau mereka menyukai minuman dingin.

Contoh kalimat baik like sebagai adjective maupun verb:

  • She is like a professional writer. (Dia seperti seorang penulis professional.)
  • You are like a soldier without a gun. (Kamu seperti seorang tentara tanpa senjata.)
  • I like dancing. (Saya suka menari.)
  • She likes swimming. (Saya suka berenang.)

Bagaimana membedakan antara like yang berperan sebagai adjective dengan like yang berperan sebagai verb? Sangat mudah. Like sebagai adjective harus ditemani dengan to be. Saya menggunakan is dan are pada dua kalimat pertama.

Sementara itu, like sebagai kata kerja tidak perlu ditemani to be. Kecuali jika kalimat yang digunakan mempunyai tenses yang memang harus menggunakan to be seperti continuous tense.

Semoga penjelasan singkat di atas memberikan manfaat kepada Anda.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *