Pengertian Serta Penggunaan If dan Whether dalam Kalimat

If dan Whether sama-sama masuk ke dalam kategori subordinate conjunction. Apa yang dimaksud dengan subordinate conjunction? Ini merupakan sebuah kata hubung yang mengawali dependent clause. Tujuannya adalah membangun ide antara dependent clause dengan main clause.

Contoh:

  1. She asked me to ensure whether I went to the party or not. (Dia bertanya kepada saya untuk memastikan apakah saya pergi ke pesta atau tidak.)
  2. They wanted to know if I had a time to meet. (Mereka ingin tahu apakah saya mempunyai waktu untuk bertemu.)

Terlihat dalam kedua kalimat di atas bagaimana whether serta if berperan sebagai penghubung antara main clause (di awal kalimat) dengan subordinate clause (bagian akhir). Juga, perlu Anda ketahui bahwa if disini konteksnya bisa berarti “apakah” dan “jika”. Kemudian, kita akan membahas lebih lanjut mengenai apa persamaan serta perbedaan dari kedua kata tersebut.

Persamaan If dan Whether

Keduanya sama-sama digunakan dalam rangka mengawali yes no question. Di contoh sebelumnya misalnya, kedua kalimat tersebut menggunakan kata “apakah” dan berarti kalimat tersebut pada akhirnya berujung jawaban ya atau tidak.

Contoh:

  1. They go to check whether she is doing her job or not. (Mereka pergi untuk memeriksa apakah dia sedang melakukan tugasnya atau tidak.)
  2. My father asks her if she can join with us. (Ayah saya bertanya apakah dia dapat bergabung bersama kita.)
Advertisement

Di contoh pertama, mereka pergi untuk memeriksa apakag dia sedang melakukan tugasnya atau tidak. Maka, faktanya mereka akan mendapat jawaban ya atau tidak. Ya jika dia melakukan tugasnya, sedangkan tidak apabila dia tidak melakukan tugasnya. Begitu juga dengan kalimat nomor dua.

Perbedaan Antara If dan Whether

If pada dasarnya seringkali digunakan dalam conditional sentence atau kalimat pengandaian. Di konteks ini, if berarti jika.

  1. If you have a time, go with us. (Jika kamu punya waktu, pergola bersama kami.)
  2. I will swim if I can. (Saya akan berenang jika saya bisa)

Sementara itu, whether tetap berarti apakah. Kendati demikian, ada tiga garis besar yang membedakan antara whether dengan if di dalam konteks arti apakah. Berikut ini uraian singkatnya:

  1. Whether bisa digunakan sebagai (bagian dari) subject. Whether she believes me or not means nothing. (Apakah dia mempercayaiku atau tidak, tidaklah berarti apa-apa.)
  2. Hanya whether yang bisa digunakan setelah terdapat preposition. My mom and I were talking about whether the option of buying a new house is good or not. (Ibu dan saya sedang berbicara mengenai apakah opsi membeli mobil baru itu bagus atau tidak.)
  3. Hanya whether yang bisa digunakan sebelum terdapat infinitive. Can you decide soon whether to join us or him? (Bisakah kamu memutuskan segera untuk bergabung bersama kami atau dia?)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *