9 Tips Agar Anda Bisa Membaca Teks dengan Lebih Cepat

Membaca cepat dengan pemahaman yang tepat tentu saja merupakan target yang sangat diinginkan oleh para pengguna bahasa. Ketika Anda menginginkan bagaimana cara membaca teks dengan lebih cepat, silakan praktikkan 9 tips yang saya tulis ulang dari sebuah artikel di englishindo.com berikut ini.

1. Make it as a Habit

Dengan membaca lebih sering dari sebelumnya serta melakukan hal itu secara rutin, maka kemampuan Anda bisa meningkat. Kecepatan serta pemahaman Anda ketika membaca sebuah teks bisa jauh lebih baik. Ini adalah seni pembiasaan dimana Anda bisa mendapatkan sebuah kemampuan melalui sesuatu yang dibiasakan.

2. Jangan Libatkan Lidah

Ketika membaca, jangan melibatkan lidah Anda untuk ikut bekerja. Tindakan tersebut bisa memperlambat Anda serta mengurangi pemahaman terkait dengan makna teks.

3. Font Lebih Besar

Baca dengan font yang lebih besar. Membaca melalui font yang lebih besar mampu memberikan kemudahan kepada kita dalam membaca sebuah teks. Cara itu juga bisa dilakukan dalam rangka menghindari tidak terbacanya beberapa bagian di dalam teks.

4. Sesuaikan dengan Teks

Ketika Anda membaca sebuah kalimat yang kira-kira idenya mudah dicerna, maka bacalah dengan cara yang lebih cepat. Sebaliknya perlambat kecepatan Anda dalam membaca ketika Anda melihat kalimat-kalimat yang berisi ide lebih rumit.

Advertisement

5. Fokus

Jangan mencoba melakukan hal lain. Ketika membaca, cobalah untuk fokus pada bacaan Anda dan jangan mengalihkan pikiran Anda untuk mendengarkan musik atau bahkan menonton televisi.

6. Gunakan Alat Bantu

Untuk membantu meningkatkan konsentrasi terhadap bagian-bagian di dalam teks, Anda bisa menggunakan berbagai alat bantu seperti pulpen, jari, atau penunjuk halaman lain yang bisa digunakan untuk membantu mata mengenali bagian-bagian teks yang dibaca.

7. Tekankan frase daripada kata

Pemahaman yang dilakukan dari kata per kata bisa memberikan Anda keterlambatan dalam membaca, usahakan untuk mulai dari frase-frase dibandingkan dengan memperhatikan kata demi kata.

8. Ulangi Membaca

Mempercepat teknik membaca bisa dilakukan dengan cara membaca buku yang telah Anda baca sebelumnya. Hal itu bisa memberikan Anda pembiasaan untuk melewati kata-kata tertentu yang tidak penting serta meningkatkan kecepatan pada setiap area teks.

9. Prioritaskan

Prioritaskan hal-hal yang penting. Jangan membiarkan diri Anda untuk membaca berbagai konten yang tidak penting. Usahakan untuk menganalisa mana kira-kira konten yang penting kemudian fokuskan pada bagian tersebut.

Selamat mencoba 9 tips singkat di atas.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *