8 Idiom Bahasa Inggris yang Terkait dengan Uang

Idiom bahasa Inggris itu ternyata banyak sekali area pembicaraannya. Ada idiom yang digunakan untuk berterima kasih, idiom untuk mengutarakan rasa bahagia, dan kali ini kita akan mengetahui apa saja idiom yang terkait dengan uang.

Untuk mendapatkan uraian yang jauh lebih lengkap mengenai idiom tentang uang ini, silakan Anda baca artikel ini lebih jauh, karena penjelasannya ada di bawah.

1. Balance the Books

Kegiatan menghitung semua kredit dan debet dari rekening. Contoh kalimat: I often saw my father balancing the book in his room when he was working at the bank.

2. Bring home the bacon

Mencari uang untuk menghidupi keluarga. Contoh kalimat: David is a good boy. He works hard every day and always bring home the bacon.

3. Go Dutch

Membagi porsi tagihan dan kemudian membayarnya secara bersama-sama. Misalnya Anda dan seorang teman Anda sedang mentraktir beberapa teman. Kemudian, ketika membayar, maka Anda membayar separuh tagihan, dan teman Anda tadi membayar separuhnya lagi. Contoh kalimat: When they eat at the restaurant, they always go Dutch.

4. Gravy Train

Pekerjaan yang bayarannya tinggi, namun kerjanya tidaklah membutuhkan banyak waktu dan banyak usaha. Contoh kalimat: My uncle is really on the gravy train! He earns $500 for each hour.

Advertisement

5. Nest Egg

Uang yang telah ditabung dalam jangka waktu yang lama. Misalnya seorang yang menabung semenjak ia berusia 20 tahun, dan tabungannya tersebut digunakan untuk membiayai hidupnya saat pension nanti. Contoh kalimat: Daniel has saved his money for over 10 years and now he has a big nest egg.

6. Cook the books

Tata buku atau perhitungan yang tidak jujur. Seseorang yang korupsi seringkali menggunakan cook the books dimana ia melakukan perhitungan biaya secara curang sehingga uang yang dilaporkan berada dalam angka yang besar sementara yang terpakai hanya sedikit. Contoh kalimat: In my business, I always check the accounting book by myself so that my accountant can’t cook the books.

7. Golden Handshake

Istilah sederhananya adalah pesangon atau uang yang diberikan kepada karyawan yang meninggalkan perusahaan dimana dia telah bekerja dalam waktu lama. Contoh kalimat: Ahmed who has worked for over 20 years was given a golden handshake when he left this company.

8. Cheapskate

Orang pelit atau orang yang tidak suka membelanjakan uangnya untuk membahagiakan orang lain. Contoh kalimat: Tomy is a cheapskate! He even didn’t want to buy a $5 flower for his wife.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *