3 Tips dalam Mengajarkan Kosakata Kepada Siswa Anda

Kosakata adalah bagian masalah yang selalu dipikirkan baik oleh siswa maupun guru. Masalah yang selalu pelik adalah bagaimana mengajarkan kosakata dengan cara yang tepat bagi siswa. Sebagian besar guru menggunakan metode menghafal dimana siswa harus menghafal 5 hingga 10 kosakata setiap minggu.

Akan tetapi, banyak juga yang belum berhasil melalui metode tersebut. Lewat artikel singkat ini, saya ingin berbagai tips yang bisa membantu Anda dalam mengajarkan kosakata kepada siswa.

1. Don’t Push Too Hard

Lambat namun pasti. Tidak perlu Anda mengajarkan kosakata atau mengharuskan siswa untuk menghafal jumlah kata yang banyak misalnya hingga puluhan atau ratusan. Satu kosakata baru dalam sehari saja sudah cukup.

Baca juga:  4 Pelecut Semangat Mengerjakan Skripsi Bagi Si Pemalas

Advertisement

2. Practice

Mempelajari memang penting, namun praktik menggunakan kosakata menurut saya adalah kunci utama keberhasilan pembelajaran yang Anda terapkan. Menyambung apa yang saya tulis di poin sebelumnya, kosakata yang dipelajari tidak perlu banyak-banyak, cukup satu perhari namun gunakan secara konsisten baik dalam berbicara maupun menulis. Adalah lebih baik seperti itu daripada menghafal banyak kosakata namun hanya berada di otak alias tidak produktif digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

3. Buat Game Terkait dengan Kosakata

Silakan cek di kategori games pada web/blog ini untuk mendapatkan referensi games dalam menunjang penguasaan kosakata siswa. Mengapa harus games? Sebagian besar siswa yang tidak menyukai bahasa Inggris mengeluh bahwa metode yang dipakai begitu menjemukan.

Baca juga:  8 Tips Sederhana Untuk Meledakkan Kemampuan Bahasa Inggris Kita Hari Ini  

Sementara itu, guru bisa menyikapinya melalui pemberian-pemberian game praktis dan sederhana untuk membuat siswa belajar sambil bermain.

Itulah 3 hal penting yang saya pikir perlu untuk dilibatkan salam pembelajaran kosakata di dalam kelas.