Buat Saya, Jadi Guru itu Karena Saya Suka, Bukan Karena Mau (Hanya) Jadi PNS

Akhir-akhir ini saya sering posting ngelantur. Maybe beberapa dari artikel saya tidak terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. Tetapi menurut saya tidak tidak masalah, yang penting semua yang ditulis itu worth untuk Anda.

Being a teacher, sebagian besar orang menganggapnya bukan sebagai sebuah tujuan hidup yang baik. Mengingat uang yang dihasilkan dari seorang teacher tidak cukup banyak dibandingkan manajer bank. Saya juga sempat berpikir seperti itu, di masa-masa kuliah, ada sedikit kecemasan apakah saya bisa menghasilkan puluhan juta rupiah dengan masuk ke industri pendidikan.

I don’t know why tetapi saya tetap masuk ke dalam bidang ini meskipun harap-harap cemas. Suatu ketika saya tersentak bahwa ternyata saya ini orangnya suka sharing. Join ke komunitas, menggeluti suatu bidang, kemudian sharing something yang mungkin cukup worth bagi sebagian orang. Saat sharing/teaching, menurut saya bukan hal yang baik apabila kita meminta imbalan, sehingga ilmu yang saya bagi bisa ditularkan secara Cuma-Cuma.

Advertisement

Ternyata itu poinnya, saya suka setiap orang yang ada di sekeliling saya bisa mendapatkan ilmu apapun yang saya miliki bahkan tanpa membayar sepeserpun. Ada rasa kebahagiaan yang sama ketika mereka mendapatkan curahan-curahan knowledge dari saya dan berhasil bekerja dengan baik melalui metode yang saya bagikan. Di level seorang guru, saya sekarang bekerja sebagai seorang penulis dan blogger yang mengajar lewat tulisan.

So, being a teacher itu harus dari kegembiraan hati dan benar-benar melibatkan passion. Mungkin seorang guru saat ini bisa mendapatkan gaji cukup besar, bisa jadi PNS dengan kerja yang santai. Namun camkan di otak Anda bahwa itu bukan tujuan utama. Do something because you love it!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *