7 Strategi Penting dalam Membaca dan Harus Dikuasai Oleh Siswa Anda

@clapesce atau Claudia Pesce adalah seorang berkebangsaan Argentina yang aktif dalam menulis berbagai artikel pendidikan di busyteacher.org. Judul diatas merupakan salah satu dari sekian banyak judul artikel yang ia miliki dan akan saya tulis ulang dan publikasikan menggunakan bahasa Indonesia lewat halaman ini. Selamat membaca.

Tidak ada yang terlahir dengan kemampuan membaca yang baik. Juga, menjadi seorang yang hanya mengetahui huruf saja tidaklah cukup. Untuk menunjang keberhasilan akademik dan professional seorang siswa nantinya, mereka harus bisa membaca dengan baik. Membaca yang baik adalah ketika seorang siswa mampu mendapatkan hal-hal yang penting serta mereka inginkan ketika membaca sebuah teks. 7 strategi penting di bawah ini, adalah strategi membaca yang harus dikuasai oleh siswa Anda di tingkat pendidikan apapun.

1. Previewing

Previewing merupakan kegiatan dimana siswa mendapatkan jawaban mengenai tema teks yang akan mereka baca. Unsur-unsur yang bisa dilihat adalah judul, gambar atau foto, beberapa kata yang tampak penting, dan format teks.

Seorang siswa bisa menganalisa sebuah teks melalui kata-kata first, second, third, dan last karena kata tersebut merupakan letak perpindahan ide dari teks tadi. Ia dapat menganalisa daftar nomor dalam teks yang mungkin berisikan poin-poin terkait penjelasan ide utama.

Reading exercise: Ambil sebuah artikel dari surat kabar dengan judul yang besar. Kemudian instruksikan siswa untuk menebak judul tersebut kemudian menyimpulkan kira-kira artikel itu membicarakan mengenai apa.

2. Contextualizing

Apakah kejadian yang ada di artikel tersebut biasa terjadi di sekitar siswa? Apakah siswa mengenal tokoh yang ada di artikel tersebut? Apakah sesuatu yang dibahas oleh artikel tersebut mempengaruhi siswa? Apakah siswa Anda pernah mengalami hal yang sama dengan kejadian-kejadian di artikel itu?

Berbagai pertanyaan yang konteksnya menghubungkan siswa dengan artikel yang dibaca bisa membuat mereka semakin pintar dan kritis ketika menganalisa sesuatu.

Reading exercise: Siswa akan membahas artikel mengenai pendidikan di Inggris. Namun, sebelumnya mereka harus membahas terlebih dahulu sistem pendidikan di Indonesia. Tanyakan kepada mereka bagaimana kondisi pendidikan di Indonesia, berapa tahun sekolah dasar di Indonesia, berapa semester sekolah menengah atas di Indonesia, dan apa saja yang sudah mereka kuasai di sekolah dasar. Berikutnya, coba bandingkan dengan kondisi pendidikan di Indonesia dengan di Inggris menggunakan teks tersebut.

Advertisement

3. Visualizing

Beberapa siswa perlu melihat hal-hal yang dibahas dalam teks menggunakan kemampuan visual mereka. Ketika membaca, pandu siswa Anda untuk memvisualisasikan paragraf-paragraf deskriptif yang ada di teks tersebut seperti membayangkan bagaimana sungai yang terkontaminasi, pejabat yang korup, atau bagaimana seorang anak mampu memainkan alat musik di sebuah konser.

Reading exercise: Mintalah siswa membaca teks seperti By the water. Ajak mereka untuk merekam gambar yang muncul dalam pikiran ketika mereka membaca kalimat demi kalimat dalam teks tersebut.

4. Asking and Answering Questions

Pertanyaan apa yang datang ke pikiran ketika siswa melihat sebuah artikel? Bagaimana karakter utama akan memecahkan masalah tersebut? Berikan siswa kesempatan untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan dan biarkan mereka menemukan solusi masalah, tokoh utama, dan hal lain yang ada di dalam teks.

Reading exercise: Lihat sebuah artikel berita. Setelah membaca judul, minta siswa untuk membuat tiga pertanyaan yang mereka harapkan jawabannya ada di dalam artikel dan kemudian instruksikan mereka untuk membaca untuk lihat apakah mereka menemukan jawabannya.

5. Summarizing

Setelah membaca, siswa harus dapat meringkas apa yang telah mereka baca. Mereka bisa meringkas secara lisan atau tulisan. Meringkas perlu dilatih karena ini adalah keterampilan yang sangat penting yaitu mengajarkan siswa mendapatkan inti dari sebuah teks.

Mereka harus belajar bagaimana menceritakan sebuah hal yang terkait hanya pada inti permasalahan. Kemampuan siswa diuji bagaimana mereka memilah sesuatu yang penting atau tidak dan bagaimana mereka membuat suatu ide yang penting menjadi sebuah kalimat.

Reading exercise: Mintalah siswa untuk membaca kisah Helen of Troy. Kemudian, minta mereka untuk meringkas hanya dalam satu atau dua kalimat apa yang menyebabkan Perang Troyan.

Teknik nomor 6 dan 7 yaitu Skiming dan Scanning bisa Anda lihat di artikel ini: Teknik Membaca Bahasa Inggris Cepat dengan Skimming dan Scanning.

Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat untuk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *