5 Tips Meningkatkan Kemampuan Anda dalam Berbicara dari English-Tonight.Com

Apakah Anda merupakan salah satu orang yang sulit berbicara? Sering takut membuat kesalahan? Belum terlalu banyak mengerti mengenai grammar? Anda tidak sendirian. Di luar sana, baik orang Indonesia atau penduduk dunia lainnya mengalami masalah serupa. Untuk mengatasinya, ikuti 5 tips yang mampu meningkatkan kemampuan dalam berbicara dari English-tonight.com berikut ini.

Listen More

Kegiatan mendengarkan membuat telinga Anda terlatih. Anda akan terbiasa mendengar frase serta kalimat dari seorang penutur asli. Kemudian, lambat laun semua itu akan terserap ke dalam otak sehingga mampu mengerti bagaimana mengetahui kalimat yang salah dan benar. Cobalah mendengarkan banyak audio dalam bahasa Inggris. Melalui internet, Anda bisa menemukan lagu, percakapan, film bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Speak More

Setelah banyak mendengarkan, berbicaralah. Tidak ada lawan berbicara? Bicara sendiri saja. Berbicara sendiri juga membuat Anda mampu meningkatkan kepercayaan diri dan melatih pikiran dalam rangka mengoreksi kesalahan.

Segera Buat Kesalahan

Ketika teman-teman Anda ragu untuk berbicara dan malah memlih diam, pastikan Anda tidak melakukan itu. Jangan diam hanya karena Anda takut membuat kesalahan atau tidak mengerti apapun. Berbicaralah dan lakukan sebisa Anda.

Advertisement

Segera buat kesalahan pertama Anda. Dengan begitu, tirai-tirai ketakutan yang selama ini menutupi pikiran Anda akan tersingkap dan keberanian baru akan terus muncul. Kepercayaan diri akan meningkat dan dengan membiasakan diri berbicara, maka Anda akan melatih otak untuk terus menganalisa kesalahan serta memperbaiki tata bahasa dengan sendirinya.

Grammar Anda Buruk? Tetap Berbicara!

Unsur penting dalam berkomunikasi adalah orang lain mengerti apa yang Anda bicarakan. Meskipun grammar Anda buruk, jangan jadikan hal itu sebagai penghalang dalam berbicara. Juga, seorang lawan berbicara pasti bisa mengerti apa yang Anda bicarakan. Kalaupun mereka tidak mengerti, dengan senang hati mereka akan meminta mengulang pembicaraan dengan cara yang lebih baik.

Cobalah Mangadopsi Teknik

Di buku bahasa Inggris kita, biasanya diajarkan frase:

How are you?

I am fine, and you?

I am fine too.

Kendati demikian, berbeda situasinya dengan apa yang digunakan oleh para penutur asli bahasa Inggris. Dalam kondisi sehari-hari mereka lebih senang untuk mengucapkan:

How are you?

I am okay, and yourself?

Not too bad.

Cobalah untuk mempelajari, mengadopsi, dan menyalin teknik secara real, bukan teknik-teknik kuno seperti yang kita pelajari. Dengan penguasaan cara berbicara yang sesuai dengan apa yang terjadi di dunia nyata, tentu saja Anda akan lebih mudah diterima dalam konteks percakapan.

Good luck! 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *