5 Cara Mengekpresikan Keragu-raguan dalam Bahasa Inggris

Ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan menjawab pertanyaan, mungkin sering kita hadapi. Ketika bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia, kita bisa menggunakan kata-kata mungkin, kemungkinan, barangkali, dan sebagainya. Namun bagaimana jika kita menggunakan bahasa Inggris? Apakah kita hanya menggunakan kata maybe untuk mengekpresikannya? Tentu saja tidak.

Melalui artikel ini, Anda akan belajar bagaimana mengekspresikan sikap ragu-ragu di dalam bahasa Inggris. Berikut terdapat 7 cara dalam mengungkapkan ketidakyakinan menggunakan bahasa Inggris.

1. Perhaps and Maybe

Perhaps dan Maybe digunakan saat Anda tidak yakin tentang sesuatu. Anda juga tidak yakin apakah hal yang Anda katakan adalah benar atau salah.  Perhaps banyak digunakan saat menulis, sementara maybe biasa digunakan ketika berbicara.

  • Perhaps she will come with her brother.. or even all her family members. (Mungkin dia akan datang bersama kakaknya, atau bahkan bersama semua anggota keluarganya.)
  • Maybe the people who sitting on the bar can help you. (Mungkin orang-orang yang duduk di bar dapat membantumu.)

2. Probably and Possibly

Kedua kata di atas digunakan ketika Anda mengungkapkan sesuatu yang bisa jadi benar, namun Anda tidak yakin akan hal itu. Misalnya, Anda sedang melihat punggung seseorang, Anda tahu bahwa itu adalah punggung teman Anda dan Anda ingin menepuknya. Tetapi, Anda tidak yakin bahwa itu adalah teman Anda atau bukan. Padahal bisa jadi itu memang teman Anda.

  • If your business turnover is getting down, it’s probably because you cannot manage your employees well. (Jika omset bisnis Anda semakin turun, mungkin itu karena Anda tidak dapat mengatur karyawan dengan baik.)
  • I saw a guy, he’s possibly my best friend, Loki. But I am not sure because I didn’t use my eyeglasses. (Saya melihat seorang pria, dia mungkin teman baik saya, Loki. Tetapi saya tidak yakin karena saya tidak menggunakan kacamata.)
Advertisement

3. As far as I know and as far as I am aware

Anda mengatakan ini ketika mempunyai pemahaman yang tidak begitu banyak mengenai hal yang Anda bicarakan.

  • As far as I know, they have no problem with one another. (Sejauh yang saya tahu, mereka tidak mempunyai masalah satu sama lain.)
  • As far as I am aware, his business runs well. (Sejauh yang saya tahu, bisnisnya berjalan dengan baik.)

4. To the best of my knowledge

Artinya sama dengan as far as I know namun frase ini digunakan dalam situasi yang lebih formal.

To the best of my knowledge, there was no one who entered this room.

5. Guess and Suppose

Kata-kata di atas digunakan ketika Anda berpikir bahwa sesuatu yang Anda katakan itu benar namun Anda tidak yakin mengenai hal itu. Guess lebih sering digunakan oleh orang Amerika sementara suppose lebih mencirikan orang Inggris.

  • I guess she can join us even though she will be late. (Saya pikir dia dapat bergabung bersama kita meskipun dia akan datang terlambat.)
  • I suppose I am able to graduate next year. (Saya tebak saya dapat lulus tahun depan.)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *