Teknik Penggunaan Being dalam Kalimat Bahasa Inggris

Being merupakan kata yang digunakan untuk beberapa struktur grammar atau tata bahasa dalam bahasa inggris. Penggunaanya begitu sering dilakukan, sehingga sudah pasti, amat disarankan bagi Anda untuk mempelajarinya dengan baik. Berikut ini panduan penggunaan kata being di dalam bahasa Inggris yang saya dapatkan dari englishgrammar.org.

Oiya, being bisa berarti menjadi, ada, dan berada. Namun, jangan gunakan arti tersebut sebagai patokan pemahaman Anda. Gunakanlah uraian yang saya sampaikan berikut sebagai pemahaman dasar Anda mengenai kata being. 🙂

Being + Adjective

Struktur dari Being + Adjective biasa digunakan untuk berkata mengenai kelakuan, tindakan, dan sifat seseorang.

Contoh:

  1. Why were you being so stupid? (Kenapa kamu menjadi begitu bodoh?)
  2. Sheila was being confused when her boss knew all her fault. (Sheila menjadi bingung ketika bosnya mengetahui semua kesalahannya.)
  3. Today, you are totally being smart after studied hard last night. (Hari ini, kamu benar-benar menjadi pintar setelah belajar giat kemarin malam.)
Advertisement

Being + Past Participle

Past participle merupakan kata kerja ketiga dari perubahan kata kerja di dalam bahasa Inggris. Being + Past participle digunakan untuk kalimat pasif. Sudah tahu apa itu kalimat pasif? Kalau belum coba baca ini: Penjelasan dan Contoh Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris.

Being untuk kalimat pasif digunakan pada segala jenis continous tense, baik di dalam present tense, past tense, maupun future tense.

Contoh:

  1. That room is being cleaned by my house maid. (Ruangan itu sedang dibersihkan oleh pembantu rumahku.)
  2. My English book was being read by Sarah when you wanted to borrow it last morning. (Buku bahasa Inggrisku sedang dibaca oleh Sarah, ketika kamu ingin meminjamnya kemarin pagi.)

Being in Participle Clauses

Dalam konteks ini, being digunakan untuk menggantikan klausa because /as / since. Because = karena, as = sebagaimana/sebagai, since = sejak.

Lihat contoh berikut untuk mendapatkan uraian penjelasan lebih lanjut.

  1. Being late, she could not join the examination. (Karena terlambat, dia tidak dapat mengikuti ujian.)
  2. Being a popular scientist, I am often invited as the keynote speaker in many events. (Sebagaimana seorang ilmuan yang populer, saya sering diundang untuk menjadi pembicara kunci di berbagai kegiatan.)
  3. Being fat, I throw my small size dresses away. (Sejak menjadi gemuk, saya membuang gaun-gaun ukuran kecil.)

Semoga penjelasan singkat saya mengenai kata being tersebut memberikan manfaat bagi Anda. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *