Sebelum Kita Mengeluh, Tanyakan Dulu Sudah Sejauh Mana Usaha Kita

“Saya kok sudah belajar bahasa Inggris selama bertahun-tahun, tapi belum bisa pede berbicara ya?”

“Kenapa saya belum bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris ya? Kenapa saya belum bisa menulis dengan baik ya? Padahal kan saya sudah belajar lama sekali??”

Teman-teman, mungkin banyak dari kita yang mengeluh dan mengeluh. Keluhan biasanya terjadi ketika kita sudah merasa berusaha dengan giat, namun belum mempunyai pencapaian yang bagus. Padahal, mengeluh hanya membuat kita lemah, membuat kita merasa orang yang paling tidak beruntung di dunia ini.

Kita juga menjadi pribadi yang jauh dari rasa optimis. Jikalau sudah begitu, maka sikap menyerah adalah jalan yang paling dekat.

Advertisement

Sejatinya, ada hal-hal yang harus kita tanyakan kepada diri sendiri sebelum mengeluh. Salah satu contohnya adalah, sudah sejauh mana usaha kita. Kalau ingin menulis bahasa Inggris secara fasih, namun hanya praktek satu kali seminggu, tentu pencapaiannya rendah.

Ketika ingin menguasai ribuan kosakata dalam sebulan namun hanya menghabiskan 10 menit sehari untuk membaca artikel, sangat tidak pantas bagi kita untuk mengeluh.

Lihat orang-orang sukses di sekeliling Anda, pelajari bagaimana mereka fokus dan bekerja keras untuk mencapai tujuan hidup. Teman Anda yang lancar berbicara meski baru setahun belajar bahasa Inggris, mungkin karena dia praktek 10 atau 20 kali lipat lebih banyak dari Anda.

So, jangan kalah dengan cita-cita Anda sendiri. Jika Anda kurang bekerja keras, maka tingkatkan hard work yang Anda miliki. Ketika metode belajar Anda salah, konsultasi dengan sang ahli untuk merencanakan metode baru.

Terus berjuang teman-teman! 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *