Penjelasan dan Contoh Mengenai gerund Phrase dalam Bahasa Inggris

loading...

Secara sederhana, gerund phrase adalah sebuah frase yang diawali oleh gerund. Kemudian  bisa diikuti oleh objek serta modifier. Salah satu contoh dari gerund phrase adalah, eating chocolate in the night is a bad habit.

Eating chocolate in the night merupakan salah satu bentuk gerund dimana eating berfungsi sebagai gerund, sementara chocolate berfungsi sebagai objek, dan in the night adalah modifier yang di dalam kalimat ini merupakan adverbial phrase.

Bagian-Bagian Gerund Phrase

Seperti yang saya bilang sebelumnya, bahwa gerund phrase bisa terdiri dari tiga bagian utama yaitu gerund, objek, serta modifier.

Bagian pertama yaitu gerund yang merupakan kata kerja serta diakhiri oleh –ing sehingga biasa disebut dengan verb –ing. Contoh, eating, diving, swimming, talking, opening, closing, dan smiling.

Bagian kedua adalah objek dan terletak setelah gerund. Yang saya cetak tebal pada contoh ini merupakan objek dari sebuah gerund phrase.

Advertisement

Contoh:

  1. giving a note
  2. having a choice
  3. eating a bread

Bagian ketiga adalah modifier atau bisa dibilang penjelas dari gerund phrase itu sendiri. Modifier bisa diperankan oleh adverb, adverb phrase, atau prepositional phrase. Pada contoh berikut, yang saya cetak tebal merupakan modifier.

Contoh:

  1. Discussing a business with him is not a good choice.
  2. I don’t like eating bread without a peanut butter on the top.
  3. Doing a job quickly without a partner is so hard.

Contoh Gerund Phrase Lainnya

  1. Reading a novel is my hobby. (membaca buku adalah hobi saya.)
  2. I like painting on that paper. (saya suka melukis di atas kertas itu.)
  3. I want you turning the fan on. (saya ingin kamu menghidupkan kipas angin.)
  4. Watching football match in every weekend used to be my habit. (Menonton pertandingan sepakbola setiap akhir pekan adalah kebiasaan lama saya.)
  5. Swimming in every morning is a must for me. (berenang setiap pagi adalah suatu keharusan bagiku.)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *