Penjelasan dan Contoh Compound Complex Sentence

Posted on

Penjelasan dan contoh kalimat simple, compound, dan Complex telah kita pelajari. Tetapi, ada satu lagi kalimat yang harus Anda ketahui yaitu kalimat compound complex. Apa itu kalimat compound complex? Saya akan berikan penjelasan setahap demi setahap kembali.

Compound sentence merupakan kalimat yang berisi dua klausa independen serta digabungkan dengan coordinating conjunction (for, and, nor, but, or, yet, so).

Contoh:

  1. I drink a glass of coffee and she drinks two. (Saya meminum satu gelas kopi dan dia meminum dua.)
  2. He left my home last night but no one knew where he went. (Dia meninggalkan rumahku tadi malam namun tidak ada seorangpun yang tahu kemana dia pergi.)
  3. I have no choice, so I accept that bad deal. (Saya tidak mempunyai pilihan sehingga saya terima kesepakatan buruk itu.)

Sementara itu, complex sentence merupakan kalimat yang terdiri dari klausa independen dan klausa dependen. Klausa yang saya cetak tebal di bawah ini merupakan klausa dependen dan ada banyak kata yang bisa mengawali dependent clause, contohnya: when, where, because, even though, although, why, how, which, that, dan who.

Contoh:

  1. I took my mobile phone when she left her room. (Saya mengambil telepon genggam saya ketika dia meninggalkan ruangannya.)
  2. I know him because I used to be his best friend. (Saya mengenalnya karena saya dahulu adalah teman baiknya.)
  3. I don’t know why you are so stupid. (Saya tidak tahu kenapa kamu begitu bodoh.)

Compound-Complex Sentence

Kemudian sampai juga kita ke pembahasan kalimat ini. Compound complex secara sederhana merupakan gabungan dari kalimat compound dan complex. Namun, pengertian lengkapnya adalah, kalimat yang dbuat dari sedikitnya dua klausa independen dan satu atau lebih klausa dependen.

Di bawah ini ada contoh dimana klausa independen saya beri warna merah, sementara klausa dependen saya beri warna hijau.

Contoh:

  1. You can take my notebook or you can take anything that you need, but don’t take this bag because it belongs to my father.
  2. I bought a computer which he offered to me last week and surprisingly, I got a 50% discount.
  3. My father was angry with me and he didn’t give me permission to go to the party which was held in Anny’s house.

Ok, semoga penjelasan di atas memberikan manfaat kepada Anda semua. 😀