Pengertian, Jenis, dan Contoh Noun dalam Bahasa Inggris

Posted on

Noun digunakan untuk menamai benda mati dan benda hidup bahkan benda abstrak. Beberapa contoh noun antara lain adalah tempat, binatang, tumbuhan, dan hal abstrak atau tidak tampak seperti kegembiraan, kesedihan, kejeniusan, malaikat, Tuhan, dan masih banyak lagi.

Pada kalimat di bawah ini, yang saya cetak tebal merupakan noun.

  1. Last year, my father and I bought and roasted some chickens here. (Tahun lalu, ayah dan saya membeli dan memanggang beberapa ayam disini.)
  2. I am a police and you have to obey the rule that has already made by the government or I will put you in jail. (Saya adalah seorang polisi dan kamu harus mengikuti aturan yang telah dibuat oleh pemerintah atau saya akan memenjarakanmu.)
  3. According to this book, there is no definition which explains how those plants died. (Sesuai dengan buku ini, tidak ada definisi yang menjelaskan bagaimana tanaman tersebut mati.)
  4. Stars are the most beautiful things that you can see in the night. (Bintang-bintang merupakan benda yang paling indah yang bisa kamu lihat di malam hari.)

Di kalimat tersebut, noun bisa berfungsi sebagai subjek, objek, dan pelengkap. Setelah kita mengetahui contoh-contoh noun dalam bahasa Inggris, terdapat pula jenis-jenis noun yang harus diketahui. Silakan lihat penjelasan berikut ini.

Jenis-Jenis Noun

Noun juga mempunyai tipe atau jenis. Berikut akan diberikan penjelasan mengenai jenis-jenis noun yang mencakup proper noun, common noun, concrete noun, abstract noun, countable noun, non-countable noun, dan collective noun.

1. Proper Nouns

Proper noun merupakan noun spesifik yang ditulis dengan huruf awal capital. Noun ini merepresentasikan hal-hal spesifik misalnya nama orang, nama tempat, nama bulan, organisasi, nama hari, agama, dan institusi.

  1. I love Monday.
  2. Adryan is my name.
  3. I live on the Earth.

2. Common Nouns

Common noun merupakan kata benda yang umum contohnya rumah, sawah, bangunan, komputer, dan meja. Common noun merupakan kebalikan dari proper noun dimana proper noun merupakan kata benda yang spesifik sedangkan common noun adalah kata benda umum.

  1. My town is not far from here.
  2. Do you know where his house is?
  3. I like your garden.

3. Concrete Nouns

Concrete noun merupakan kata benda yang dapat diterima dengan panca indera Anda.  Anda bisa lihat, rasakan, dengar, dan cium. Contohnya seperti gelas, dompet, telepon genggam, kipas angin, lilin, dan tas.

  1. I cannot find my bag.
  2. Do you see my mobile phone?
  3. She needs your notes.

4. Abstract Nouns

Ini adalah lawan dari concrete noun. Abstract noun merupakan kata benda yang tidak bisa Anda rasakan dengan kelima panca indera. Contohnya antara lain, kejujuran, kelemahan, kekuatan, kemunafikan, kekanak-kanakan, dan kepandaian.

  1. Honesty is the best thing that I have.
  2. I need to establish justice in this country.
  3. Your pray must be granted.

5. Countable Nouns

Pengertian sederhananya adalah kata benda yang dapat dihitung. Contoh, kursi, meja, tas, ikat pinggang, pisau, dan kunci.

  1. May I borrow your book?
  2. Why did you take my pencil?
  3. My father bought a goat.

6. Non-Countable Nouns

Merupakan kelaikan dari countable noun karena kata benda ini tidaklah dapat dihitung. Contohnya antara lain adalah, gula, rambut, udara, kopi, oli, emas, dan air.

  1. Can you take me a glass of water?
  2. Put the oil on the table.
  3. I like your hair.