Pengertian dan Contoh Verb Phrase dalam Bahasa Inggris

Posted on

Sebelumnya, kita telah mempelajari tentang noun phrase di dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, kita akan sama-sama mengetahui verb phrase. Pada dasarnya, verb phrase merupakan kata kerja berbentuk frase sehingga tidak hanya ditulis hanya satu kata kerja saja.

Contoh:

I have a pencil.

I have bought a pencil.

Di kalimat pertama, kita menjumpai verb yaitu have. Sedangkan, di kalimat yang kedua, kita menjumpai verb phrase yaitu have bought. Phrase atau frase tentu tidak hanya terdiri dari satu kata saja bukan? So kalau begitu, kesimpulannya adalah verb phrase merupakan verb yang tidak hanya terdiri dari satu kata. Namun, tetap berfungsi sebagai verb.

Beberapa verb phrase antara lain adalah, is watching, is sleeping, was taking, have taught, have been sleeping, dan masih banyak lagi. Menggunakan penjelasan di bawah ini, saya akan menjabarkan apa saja bentuk-bentuk verb phrase di dalam bahasa Inggris.

Auxiliary Verb (Be) + Present Participle (-Ing form)

Auxiliary verbs (be) disini maksudnya adalah is, am, are, was, dan were. Sedangkan present participle yaitu kata kerja yang ditambahkan akhiran –ing. Bentuk ini digunakan pada present dan past continuous tense.

Contoh:

  1. I was sleeping when you called me.
  2. She is taking a bath.
  3. He is talking with me.

Anda bisa lihat kata yang saya garisbawahi. Di dalamnya terdapat be verbs ditambah dengan present participle. Itulah verbs phrase.

Auxiliary verb (have) + Past Participle (Verb 3)

Auxiliary verbs disini terbagi menjadi dua yaitu have, has, dan had (past). Sedangkan past participle, biasa kita kenal dengan sebutan kata kerja bentuk ketiga. Bentuk seperti ini digunakan untuk present dan past perfect. Seperti contoh di atas, yang saya garis bawahi berikut ini merupakan verb phrase.

Contoh:

  1. I have planned to go to Europe.
  2. She has cleaned the room.
  3. They had taken the medicine.

Auxiliary verb (have been) + Present Participle (-Ing form)

Selanjutnya, kita menggunakan auxiliary verbs dengan cakupan have been, has been, dan had been (past). Kemudian ditambah dengan present participle atau kata kerja berakhiran –ing. Ini merupakan bentuk dari present dan past perfect continuous tense.

Contoh:

  1. She has been waiting for you for three hours.
  2. They had been cleaning this room.
  3. I have been staying in this house for these three years.

Modal Verb + Main Verb

Modal verb yaitu, can, could, may, might, must, shall, should, will, would. Sementara main verb adalah kata kerja utama.

Contoh:

  1. I can speak English.
  2. She will work with me.
  3. She might be younger than me.

So, teman-teman, itulah berbagai bentuk dari verb phrase. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Ingat, verb phrase adalah frase yang fungsinya sebagai verb atau kata kerja.