Panduan Sederhana Penggunaan Tanda Hubung (-) di Bahasa Inggris

Penggunaan tanda hubung (-) atau disebut dengan dash dalam bahasa Inggris juga mempunyai aturan-aturan. Penting untuk Ada ketahui karena sewaktu-waktu, aturan mengenai tanda hubung ini juga berguna bagi Anda.

Silakan simak penggunaan umum dari tanda hubung melalui penjelasan berikut ini.

1. Tanggal dan Periode Waktu

Contoh penggunaannya adalah 9.00-10.00 berarti dari pukul Sembilan hingga pukul sepuluh. Penggunaan lain adalah tanggal, contohnya 12-03-2014 berarti tanggal dua belas bulan maret tahun 2014.

2. Adjective dengan Jenis yang Sama

Adjective digunakan untuk memodifikasi atau menjelaskan kata benda. Dua Adjective atau kata sifat yang mempunyai makna sejenis bisa kita tambahkan tanda hubung sebagai pemendek.

Advertisement

Contoh:

The Indonesia-Australia cooperation

The compound-complex sentence

Contoh pertama, sama-sama berbicara tentang cooperation atau kerjasama antara Indonesia dengan Australia. Alangkah panjangnya jika harus menuliskan Indonesia and Australia cooperation atau Cooperation between Indonesia and Australia. So kalau begitu, gunakan tanda penghubung sebagai pemendek.

3. Penghargaan Pengarang Kutipan

Untuk sebuah kalimat kutipan, misalnya kata bijak, maka gunakan tanda petik dua dan tanda hubung. Bagaimana sistem penggunaanya? Lihat contoh di bawah ini:

“Life is a gift” – Michael Champ

“Money isn’t a purpose” – Tom Jack

Tanda penghubung digunakan sebagai credit atau pengakuan terhadap si pengarang kutipan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *