Bagaimana Membuat Ilmu Kita Terus Bertambah? Ini Dia Caranya

Siapa yang tidak mau ilmu yang dimilikinya bertambah setiap saat? Menjadi semakin pintar merupakan impian setiap orang. Ilmu merupakan penerang kehidupan yang bisa memandu kita untuk menjadi seorang yang lebih sukses dan lebih baik dari sebelumnya.

Seorang pebisnis, tentu amat senang apabila ia dapat memperbaharui ilmu yang ia miliki setiap hari. Akan ada banyak masalah yang mampu ia atasi sehingga bisnisnya bisa berjalan serta berkembang dengan lancar.

Sebagai seorang siswa, Anda juga ingin seperti itu bukan? Ilmu terus bertambah dan kian hari kian pintar, iya atau tidak? Kalau ya, maka ada sedikit tips untuk Anda, bacalah! 🙂

Practice a Lot

Tetaplah praktek. Seorang ahli sulap akan berkurang keahliannya apabila ia hanya belajar teori sulap tanpa praktik. Tanpa praktik, ia hanya akan menjadi seorang penghafal trik sulap bukan pemilik kemampuan sulap.

Anda ingin pintar Matematika? Anda ingin juara kelas? Praktek terus mengerjakan soal. Anda ingin jago berbahasa Inggris? Praktek terus mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Jangan Cuma belajar teori dan rumus. Kedua hal itu penting, namun apabila tidak dipraktekkan, keduanya hanya menjadi sampah.

Advertisement

Giving More

Memang, membuat ilmu bertambah itu harus belajar, tetapi sering kita malas untuk membuka buku dan memperkaya diri dengan ilmu. Artinya harus ada encouragement atau dorongan agar kita mau belajar. Bagaimana dorongan tersebut dihasilkan? Coba mengajarkan ilmu yang Anda miliki kepada orang lain.

Ada dua hal pasti yang bisa menambah ilmu Anda ketika mencoba mengajarkannya kepada orang lain. Pertama, Anda tentu merasa kurang percaya diri dengan ilmu yang dimiliki. So, cara ini membuat Anda kembali membuka buku serta memperkaya ilmu sampai akhirnya Anda berpikir bahwa ilmu yang dikuasai sudah cukup layak untuk diajarkan.

Kedua, jika ada pertanyaan dari orang yang diajarkan dan Anda tidak bisa menjawabnya, maka Anda akan tertantang untuk memperluas ilmu dalam rangka mencari jawabannya bukan? Anda akan membaca, bertanya kepada orang yang lebih pintar, dan ketika jawaban itu ditemukan, ilmu Anda juga pasti akan bertambah. Iya atau tidak? 🙂

Jadi mulai sekarang, bagikan ilmu kepada orang lain meskipun sedikit. Saya yakin, dengan konsisten menyedekahkan ilmu Anda, pasti ilmu tersebut akan terus bertambah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *