4 Cara Membenarkan Jawaban Siswa Tanpa Membuat Mereka Malu

Siswa sering salah menjawab. Kita sebagai guru juga sering membuat siswa malu atau bahkan menyakiti hati mereka ketika berusaha membenarkan jawaban tersebut. Seharusnya, hal itu tidak boleh terjadi. Mereka harus tetap percaya diri dan tidak jera untuk menjawab pertanyaan yang kita ajukan.

Jadi, bagaimana cara membuat siswa sadar bahwa mereka salah, namun kita tidak membuat kepercayaan diri mereka turun? 4 Cara berikut ini, mungkin bisa memberikan Anda pencerahan.

Jawaban yang Bagus, Ada Pendapat Lain?

Ketika siswa sudah berani mengangkat tangan kemudian menjawab pertanyaan yang Anda ajukan, maka ia harus dihargai meski jawabannya salah. Cukup katakan “jawabanmu sangat bagus, adakah pendapat lain mengenai hal ini?”

Jika begitu, siswa tersebut tahu bahwa ia salah, namun ia tidak merasa malu karena Anda sudah memujinya.

Advertisement

Adakah Cara Lain Untuk Mengatakannya?

Kalimat ini bisa Anda gunakan saat siswa sudah mempunyai bagian yang benar dalam jawabannya, namun ia belum sepenuhnya benar. Situasi ini membuat Anda harus mendapat jawaban yang lebih baik bukan? So katakan kepadanya, “saya suka jawabanmu, namun adakah cara lain untuk mengatakannya? Atau adakah penjelasan yang lebih spesifik?”

Berikan Kode

Saat Anda ingin cara yang lebih sederhana dan tanpa banyak basa basi, berikan saja sebuah kode. Misalnya, ketika siswa menjawab dengan benar, Anda mengetuk papan tulis dengan spidol 2 kali. Namun jika siswa salah menjawab, Anda hanya mengetuk papan tulis sebanyak 1 kali.

Selalu Libatkan Gesture Positif

Tertawa sinis terhadap siswa tentu membuat mereka tampak seperti semut yang tidak Anda hargai. Tetap bersikap positif terhadap apa yang mereka lakukan, tetap berikan pujian atau minimal senyuman meski mereka salah menjawab.

Good luck!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *