Saya Ingin Mempelajari Bahasa Inggris, So, Saya Harus Mulai dari Mana?

loading...

Beberapa saat yang lalu, ada seorang teman yang bertanya kepada saya darimana pembelajaran bahasa Inggris harus dimulai. I don’t know exactly the point. Saat saya pertama kali masuk kampus dan belajar bahasa Inggris, saya mulai dari semuanya. Mendengarkan dosen berbicara, mengusahakan diri saya untuk berbicara, membaca, dan menulis.

 

Pada dasarnya, langsung saja lakukan empat skill tersebut. Memang lebih baik mulai terlebih dahulu dari listening atau mendengarkan, kemudian berbicara, baru setelah itu membaca dan menulis. Tetapi, akan lebih dahsyat efeknya apabila semuanya dijalankan secara bersamaan dan tidak harus satu demi satu.

 

Misalkan, satu bulan kita terus mendengarkan lagu bahasa Inggris, kemudian di bulan berikutnya kita berlatih untuk berbicara. Oh tidak begitu. Dalam satu hari, lakukan saja keempatnya secara langsung. Bagaimana caranya? Gabung ke komunitas bahasa Inggris.

Advertisement

Melalui komunitas, Anda akan belajar bagaimana memahami perkataan orang, kemudian melakukan skill lainnya menggunakan bahasa Inggris. Komunitas-komunitas tersebut tentu sangat baik untuk membuat Anda berani dan menguasai banyak kosakata untuk diterapkan dalam berbagai skill.

 

Kadangkala Kita Malu

 

Kenapa Anda malu? Tentu saja karena kemampuan Anda yang belum baik. Saya tekankan bahwa semua orang yang sudah jago dalam bahasa Inggris diawali dari seorang yang tidak tahu apa-apa. Bedanya, mereka terus belajar dan tidak pernah takut untuk mencoba. Hingga akhirnya penguasaan bahasa Inggris yang baik tersemat di dalam diri mereka.

 

Kalau Anda malu dan tidak mencoba, kapan Anda akan bisa?

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *