Recount Text – Definisi, Generic Structure, serta Contoh

loading...

Recount merupakan sebuah cerita yang digunakan untuk menceritakan sebuah pengalaman atau peristiwa dengan tujuan memberikan informasi dan hiburan. Beberapa jenis recount text adalah sebagai berikut:

 

Personal recount, digunakan untuk menceritakan pengalaman pribadi serta dapat digunakan untuk membangun hubungan antara penulis dengan pembaca. Contohnya adalah blog Raditya Dika dimana ia menceritakan banyak pengalaman pribadinya.

 

Factual recount, digunakan untuk melaporkan sebuah peristiwa yang merekonstruksi informasi factual. Contohnya adalah berita tentang kecelakaan yang dimuat di media massa.

 

Imaginative recount, digunakan untuk berimajinasi serta menuangkan cerita dengan konsep fiksi. Contohnya Anda membuat suatu karangan dengan cerita imajinasi Anda sendiri.

 

Procedural recount, digunakan untuk merekam langkah penyelidikan atau eksperimen yang kemudian dilaporkan dalam bentuk teks. Misalkan Anda sedang memantau penyelidikan polisi tentang kasus pencurian, kemudian anda menceritakan setiap detail penyelidikan dalam sebuah teks.

 

Literary recount, digunakan untuk menceritakan kembali serangkaian peristiwa dengan tujuan memberikan hiburan.

Advertisement

 

Contoh Recount Text

 

Untuk mendapatkan contoh recount text, Anda bisa mendapatkannya dari link ini.

 

Generic Structure dari Recount Text:

 

Orientation – Menyediakan pembaca mengenai latar belakang atau informasi yang diperlukan untuk memahami suatu teks. Contohnya pengenalan tentang tokoh, waktu, dan peristiwa utama yang akan terjadi.

 

Sequence of events – Menyediakan rangkaian peristiwa di dalam cerita yang ada di teks tersebut. Contohnya Ada bercerita tentang liburan ke pantai, maka di tahap sequence of events, Anda bercerita kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pantai mulai dari sampai di pantai hingga pulang ke rumah.

 

Re-orientation – Memberikan sebuah ringkasan komentar, dan penyataan mengenai peristiwa yang telah terjadi. Misalnya setelah Anda bercerita tentang liburan ke pantai, Anda merasa begitu gembira, sehingga Anda mengatakan di akhir cerita, bahwa Anda begitu senang serta bahagia karena dapat berkunjung ke pantai tersebut.

 

Referensi: Department for Education of South Australia. 2012. Engaging in and exploring recount writing,practical guide for classroom teachers. From: www.decd.sa.gov.au (Retreived on February 20th, 2014).

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *