Pengertian dan Contoh Report Text dalam Bahasa Inggris

loading...

Report text merupakan sebuah teks yang mempunyai kesamaan dengan descriptive text. Bahkan, ada banyak siswa yang bingung bagaimana cara membedakan antara report text dengan descriptive text. Pada intinya, perbedaan keduanya mencakup pada kekhususan sebuah deskripsi.

Pada report text kita akan menemukan deskripsi dengan benda yang lebih general, sedangkan untuk deskriptif text, cakupannya lebih khusus atau bisa juga personal. Misalnya, ada dua judul teks yaitu Dog dan My Dog.

Pada teks dengan judul Dog, maka penjelasannya mencakup hal-hal ilmiah dan umum. Sedangkan teks dengan judul My Dog, penjelasannya terkait dengan anjing seseorang yang bersifat spesifik dengan karakteristik yang hanya sesuai dengan anjing tersebut. Maka, artikel dengan judul Dog adalah report text sedangkan artikel dengan judul My Dog adalah descriptive text.

Pengertian Singkat dari Report Text

Secara singkat bisa dijelaskan bahwa report text merupakan sebuah tulisan yang menjelaskan tentang deskripsi tentang sesuatu. Teks tersebut merupakan hasil dari observasi dan analisa secara sistematis sehingga memunculkan kalimat-kalimat yang teruji secara ilmiah.

Advertisement

Generic Structure dari Report Text

Report text mempunyai struktur yang terbagi menjadi dua yaitu General Classification serta Description. Lihat penjelasan berikut untuk mendapatkan rinciannya:

General Classification – Sebuah pernyataan umum untuk menerangkan tentang subjek yang akan dilaporkan atau dideskripsikan.

Description – Sesuai dengan namanya, description berarti deskripsi yang menjelaskan secara rinci mengenai sesuatu yang disebutkan pada General Classification. Penjelasan tersebut bisa meliputi gambaran umum, bagian, sifat, kebiasaan, serta penjabaran ilmiah lainnya.

Tata Bahasa dalam Report text

Beberapa ciri tata bahasa berikut ini, biasa digunakan dalam sebuah report text:

  1. Gaya deskripsi yang general misalnya American Horse bukan My Horse.
  2. Menggunakan simple present tense.
  3. Menggunakan kata-kata ilmiah.
  4. Menggunakan action verbs.

 

Contoh Report Text

General Classification – Chimpanzee is the common name for the surviving species of ape in the genus of Pan.

Description – Most of males have a 1.7 m high when they are standing, and 70 kg of weight, the females are smaller. The length of their hands when dilated, has a range of one and a half times the height of their body. Their arms are longer than their legs.

On the ground, chimpanzees usually walk using both hands and legs with the help of the standard hands and their fist. That is the form of propulsion called knuckle-walking.

Itulah beberapa hal yang bisa saya jelaskan mengenai report text. Semoga membantu Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *