Panduan Menggunakan In dan On dalam Keterangan Waktu

loading...

Preposisi In dan On merupakan dua bagian penting yang amat sering kita gunakan di dalam penulisan kalimat. Salah satu fungsi preposisi In dan On yang populer adalah untuk menyatakan waktu. Bagaimana cara menggunakan In serta On di saat Anda ingin menyatakan keterangan waktu? Silakan lihat penjelasannya berikut ini.

Menggunakan In Untuk Keterangan Waktu

In digunakan untuk menyatakan waktu atau periode secara general dan tidak mengacu pada poin yang spesifik. Contoh berikut bisa memberikan penjelasan yang lebih baik kepada Anda.

  1. I came to your house in 07.00 AM. (salah)
  2. I came to your house in the morning. (benar)
  3. She will graduate in December 24th. (salah)
  4. She will graduate in December. (benar)
  5. They stole my car in 08.00 PM. (salah)
  6. They stole my car in the night. (benar)

Perhatikan tiga contoh di atas dimana preposisi In digunakan dalam waktu yang umum dan tidak kita ketahui kapan detail pastinya. Tidak tepat apabila Anda menggunakan In untuk waktu yang spesifik dengan menyebutkan tanggal atau bahkan Jam. Sudah mengerti? Kalau sudah mari kita lanjutkan ke preposisi On.

Advertisement

Menggunakan On Untuk Keterangan Waktu

On digunakan untuk menunjukkan waktu kalender secara spesifik. Tentu, kita bisa menyatakan bahwa On adalah kebalikan dari In. On digunakan untuk waktu yang spesifik, sedangkan In digunakan untuk waktu yang general. Silakan lihat contoh berikut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih baik.

  1. May I see you on Tuesday?
  2. She will visit her mother on July 23rd.
  3. He always comes on her birthday party.
  4. The independence day of Indonesia is celebrated on August 17th.

Ok, bisa Anda lihat bahwa On digunakan pada waktu-waktu kalender yang spesifik.

Catatan tambahan:

Tentu Anda sering mendengar kata In time dan On time. Apa makna keduanya? Dan apa perbedaannya? Simak penjelasan berikut.

In time berarti tidak tepat waktu, namun tidak juga dianggap begitu terlambat. Misalnya, Anda adalah seorang penumpang pesawat dengan keberangkatan pukul 12.30, namun Anda sampai bandara pukul 12.35. Beruntung bahwa pesawat belum berangkat dan Anda masih bisa menumpanginya. So, Anda adalah penumpang yang terlambat namun Anda tetap bisa naik pesawat. Itulah yang disebut dengan in time (masih di dalam periode waktu).

On time artinya sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Misalnya ada sebuah rapat yang diselenggarakan pukul 13.00, dan Anda berhasil sampai di lokasi rapat pukul 13.00. Maka itu berarti Anda On Time.

Saya cukupkan dulu penjelasannya, semoga membantu. Jika ada pertanyaan, silakan isi di kolom komentar. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *