Detail Perbedaan Which dan That di Bahasa Inggris

loading...

Baca dulu: Penjelasan Adjective Clause dalam Bahasa Inggris

Which dan that adalah dua bagian yang sering kita gunakan dalam adjective clause. Keduanya begitu membingungkan dan sangat banyak yang bertanya mengenai perbedaan penggunaan which dan that. Mungkin, selama ini kita mencampuradukkan di dalam kalimat dan membebaskan diri kita sendiri untuk memilih that atau which, yang terpenting adalah kata sebelumnya merupakan kata benda.

Misalnya, gems which sparkle is interesting dan gems that sparkle are interesting. Bisa saja kita asal menggunakannya dan hanya mempertimbangkan bahwa pokoknya ketika ada kata benda sebelum which dan that, maka kita bebas menggunakan antara which dan that. Tentu saja, bukan itu pertimbangannya.

Untuk mengetahui lebih jauh, ini dia perbedaan which dengan that.

Which – Tidak Penting

My bag, which is white, has been lost. (Tas saya yang berwarna putih, telah hilang.)

Makna : Saya hanya mempunyai hanya satu buah tas. Tas tersebut berwarna putih dan sudah hilang.

His laptop, which always placed on the table, has to be repaired soon. (Laptopnya, yang selalu diletakkan di atas meja, harus segera diperbaiki.)

Makna : Dia hanya mempunyai satu buah laptop yang selalu diletakkan di atas meja. Kemudian, laptop tersebut harus segera diperbaiki.

Advertisement

Kehadiran which hanya sebagai penjelas semata. Perhatikan dua kalimat di atas, tanpa menggunakan which sekalipun, tidak akan mengubah makna kalimat. Karena memang hanya mempunyai satu tas dan satu laptop. Jadi, tidak perlu kan kita jelaskan tas yang berwarna putih, atau laptop yang sering ditaruh di atas meja? Kecuali, benda tersebut perlu diperjelas ketika kita mempunyai beberapa macam. Itulah kenapa saya bilang kehadiran which tidaklah penting.

That – Penting

My bag that is white has been lost. (Tas saya yang berwarna putih telah hilang.)

Makna : Saya mempunyai banyak tas, ada yang merah, hitam, kuning, dan putih. Nah, tas saya yang berwarna putih itu telah hilang.

His laptop that always placed on the table, has to be repaired soon. (Laptopnya yang selalu diletakkan di atas meja, harus segera diperbaiki.)

Makna : Dia mempunyai banyak laptop. Ada laptop yang ditaruh di atas meja, di atas tempat tidur, di atas lemari, dan ditaruh di dalam tas. Nah, tas yang biasa dia letakkan di atas meja, sedang rusak dan harus segera diperbaiki.

That berbeda dengan which. Kata ini digunakan untuk menjelaskan secara lebih spesifik dan kehadirannya memang sangat-sangat dibutuhkan. Kedua kalimat di atas sudah menjelaskan secara gamblang bahwa that amat berfungsi untuk memberikan spesifikasi benda mana yang dimaksud. Kenapa harus ada spesifikasi? Karena bendanya banyak.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda semua. 😀

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *