Conjunctive Adverbs, Jenis Kata Keterangan yang Wajib Diketahui

loading...

Conjunctive adverbs, mungkin tidak banyak kita mendengar dan mengetahui tentang kata keterangan jenis ini. Kendati jarang terdengar di telinga kita (orang Indonesia), namun peran conjunctive adverbs sangatlah penting serta digunakan untuk banyak keperluan misalnya percakapan formal dan penulisan-penulisan karya ilmiah di dunia akademis.

So kalau begitu, adalah wajib untuk kita ketahui definisi conjunctive adverbs dan beragam fungsinya. Melalui artikel ini saya akan jelaskan pembukaannya terlebih dahulu. Artikel artikel selanjutnya baru masuk ke pendalaman materi.

Ok, conjunctive adverbs atau terkadang juga disebut sebagai sentence connectors atau kata-kata transisi mempunyai fungsi yang sama dengan beberapa connecting words seperti and, but, or, dan while. Fungsi dari conjunctive adverbs adalah menggabungkan kalimat. Beberapa contoh conjunctive adverbs antara lain adalah: therefore, accordingly, as a result, however, dan on the other hand.

Advertisement

Contoh:

  1. It was dark; therefore, I couldn’t see your face. (Saat itu gelap, oleh karena itu saya tidak dapat melihat wajahmu.)
  2. No body knew who I was; as a result, I walked easily in a crowded people. (Tidak ada yang tahu siapa saya, alhasil saya dapat berjalan dengan mudah di kerumunan orang.)
  3. Her brother is handsome; however, he isn’t. (Kakaknya tampan, akan tetapi dia tidak.)
  4. My friends go to Europe in this summer holiday; on the other hand, I can’t. (Teman-temanku pergi ke Eropa di liburan musim panas ini, sebaliknya, saya tidak bisa.)

Lewat contoh di atas, Anda bisa mengetahui bahwa conjunctive adverbs merupakan kata keterangan yang berfungsi untuk menghubungkan kalimat. Beberapa kalimat yang menunjukkan sebab-akibat seperti kalimat nomor satu dan dua, bisa dihubungkan dengan therefore dan as a result. Sementara itu kalimat yang mempunyai ide berlawanan didalamnya, bisa dihubungkan dengan however serta on the other hand.

Kemudian adakah conjunctive adverbs yang lain? Masih ada dan Anda bisa lihat contohnya di bawah ini. Saya hanya menunjukkan contohnya saja, namun belum pada penggunaan kalimat di masing-masing jenis conjunctive adverbs.

conjunctive adverb usage
accordingly Menunjukkan akibat
as a result Menunjukkan akibat
consequently Menunjukkan akibat
therefore Menunjukkan akibat
   
however Menunjukkan hal yang berlawanan
in contrast Menunjukkan hal yang berlawanan
on the other hand Menunjukkan hal yang berlawanan
   
in addition Menunjukkan informasi tambahan
also Menunjukkan informasi tambahan
besides Menunjukkan informasi tambahan
similarly Menunjukkan informasi tambahan
furthermore Menunjukkan informasi tambahan
moreover Menunjukkan informasi tambahan

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *