5 Aspek Reading Comprehension yang Harus Diketahui Siswa

loading...

Di dalam soal-soal yang berkaitan dengan teks, Anda pasti selalu menemukan pertanyaan tentang main idea, supporting details, reference, vocabulary, dan inference. Wah, apa maksud dari masing-masing aspek tersebut?

Perlu Anda cermati bahwa 5 aspek tersebut begitu penting dan selalu disertakan di dalam soal-soal yang berkaitan dengan reading comprehension. Sudah seharusnya Anda mengetahui kelima aspek tersebut serta mempelajarinya dengan baik. Tujuannya, tentu saja agar mampu mendapatkan hasil yang terbaik di dalam reading comprehension test.

Ok, kita mulai satu per satu.

Identifying Main Idea

Main idea adalah ide pokok. Ada banyak pertanyaan di dalam reading comprehension test yang mengharuskan kita menemukan ide pokok dari suatu paragraf dan teks. Ada beberapa tips menemukan main idea seperti yang telah dijelaskan oleh ehow.com:

Membaca Judul

Dari judul, kita bisa mengetahui apa yang dijelaskan di dalam sebuah teks. Misalnya ada sebuah paragraf yang berjudul “The Most Beautiful Actresses”, maka ide pokoknya sudah bisa ditebak yaitu penjelasan mengenai artis-artis yang paling cantik.

Membaca Kalimat Pertama di Awal Paragraf

Di beberapa paragraf, kalimat pertama bisa menjadi ide pokok sehingga kita tidak perlu lagi ke kalimat-kalimat lainnya untuk mendapatkan main idea. Meskipun ini jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan hal ini bisa ada di sebuah teks.

Membaca Keseluruhan Paragraf

Kebanyakan, untuk mendapatkan main idea, kita diharuskan untuk membaca keseluruhan isi dari sebuah paragraf. Karena main idea itu bisa berada di awal, tengah, dan akhir paragraf. Bisa juga, main idea tersirat di dalam keseluruhan paragraf sehingga kita harus menganalisa dengan baik.

Garis Bawahi Kemungkinan-Kemungkinan yang Bisa Menjadi Ide Pokok

Setiap Anda membaca sebuah paragraf, maka catat atau garis bawahi kalimat-kalimat yang mungkin bisa menjadi ide pokok. Kemudian, setelah Anda membaca keseluruhan teks, lanjutkan menganalisa ide-ide pokok yang Anda miliki dan pilih yang paling memungkinkan menurut Anda untuk menjadi sebuah main idea.

Advertisement

Identifying Supporting Details

Jika sebuah teks berjudul “Tumbuhan yang Dilindungi”, maka biasanya akan muncul pertanyaan:

  1. Apa saja tumbuhan yang dilindungi?
  2. Mengapa Raflessia Arnoldi dilindungi?

Aturan apa saja yang melingkupi perlindungan sebuah tumbuhan?

Pertanyaan-pertanyaan yang mengungkapkan tentang detail isi dari suatu teks itulah disebut dengan supporting details. Bagaimana cara menjawabnya? Cobalah untuk membaca pertanyaan terlebih dahulu, kemudian mengambil kata yang penting, dan mencarinya di dalam teks. Misalnya pertanyaan kedua membahas tentang Raflesia Arnoldi, maka cari kata-kata Raflesia Arnoldi di dalam teks tersebut.

Identifying Reference

  1. The word it refers to?
  2. He can speak Spanish. The word he in that sentence refers to?

Pernah membaca kedua pertanyaan di atas? Itulah yang disebut dengan identifying reference. Anda akan menganalisa pronoun yaitu I, You, They, We, She, He, dan It. Cara menganalisanya juga tidak terlalu sulit. Silakan Anda lihat kalimat-kalimat sebelumnya, biasanya ada kalimat yang menyatakan siapa pemilik pronoun tersebut.

Understanding Vocabulary

Dari sekian banyak pertanyaan, biasanya kita diperintahkan untuk mencari sinonim dan makna dari sebuah kata. Untuk menjawabnya, tentu saja Anda harus memperbanyak pembendaharaan kosakata dengan menghafal dan membaca, sehingga tidak asing lagi dengan kata-kata bersinonim yang ada di berbagai pertanyaan tersebut.

Making Inference

Making inference merupakan aspek yang ditunjukkan dengan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan hal di luar teks namun masih dalam satu konteks. Misalkan ada sebuah teks berjudul “Tumbuhan-Tumbuhan yang Dilindungi”, kemudian muncul pertanyaan “Jika Anda adalah pemerintah, apa yang akan Anda lakukan untuk melindungi tumbuhan tersebut?”.

Pertanyaan itu tidak ada jawabannya di dalam teks. Anda diharuskan untuk membuat dugaan berdasarkan pemikiran Anda sendiri.

So, itulah kelima aspek yang pasti muncul di dalam soal-soal reading comprehension. Jika Anda ingin sukses mengerjakan soal di ujian terkait dengan reading comprehension, maka pelajari kelima aspek tersebut dengan baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *