Perbedaan Antara While dan Whereas

loading...
While dan whereas adalah dua kata yang terkadang sulit untuk dibedakan. Padahal, penggunaan while dan whereas haruslah dimengerti dengan baik agar kalimat yang dibuat tidaklah rancu. Sejatinya, kedua kata tersebut digunakan untuk membandingkan dua buah kondisi serta fakta. Supaya anda menjadi lebih mengerti dan tidak mempunyai pemahaman yang bias, silakan simak penjelasan demi penjelasan berikut ini.
 

Whereas

 
Whereas digunakan dalam kalimat dengan maksud di sisi lain atau on the other hand.
 
  1. Your bag is a small one whereas my bag is a big one.
  2. This room is dark whereas the other one is quite bright.
Di dalam kalimat tersebut, tercermin bahwa whereas digunakan dalam rangka membandingkan satu fakta dengan fakta lainnya yang terlihat bertolak belakang. Whereas berarti di sisi lain bukan? Tampak pada kalimat pertama, Ruangan ini gelap, di sisi lain ruangan yang lain begitu terang.  
Advertisement
 

While

 
While digunakan dalam kalimat yang sama dengan maksud pada saat yang sama atau at the same time. Konjungsi ini juga bisa digunakan dengan cakupan di periode waktu yang sama.
 
  1. I was cooking while he was washing the dishes.
  2. We were in the trip while it rained.
  3. While I was entering the train, I saw you.
Tampak jelas bukan? Pada ketiga kalimat diatas, terdapat maksud bahwa disamping terdapat satu aktivitas atau kegiatan, terdapat juga hal lain yang berada di cakupan waktu sama. Kalimat pertama, saya sedang memasak sementara dia sedang mencuci piring. Ini bukan masalah perbandingan yang bertolak belakang seperti pada whereas, namun ini merupakan perbandingan dua buah hal yang berada di periode waktu tersebut. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *