Lanjutkan Studi Ke Turki Lewat Beasiswa Mahasiswa Internasional

Posted on

Anda sebagai mahasiswa Indonesia mempunyai kesempatan untuk melanjutkan studi atau kuliah di Turki. Menggunakan Badan penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (TUBITAK), Turki mempunyai skema beasiswa dan salah satunya adalah Graduate Scholarship Program for International Students.

 

Ditujukan untuk Anda yang ingin mengambil program master atau pascasarjana serta program PhD atau S3 dengan cakupan ilmu pengetahuan alam, ilmu teknologi, ilmu kedokteran, ilmu sosial dan humaniora, serta ilmu pertanian.

 

Fasilitas Beasiswa

 

Apa fasilitas yang diberikan oleh pemerintah Turki bagi penerima beasiswa? Tunjangan bulanan sebesar 1.500 TL atau 8 juta rupiah bagi program master. Kemudian program PhD mendapatkan tunjangan sebesar 1.800 TL atau sama dengan 9.7 juta rupiah. Anda juga akan ditambah lagi dengan tunjangan sebesar 2.00 TL untuk biaya kuliah serta asuransi. Menariknya, ketika Anda mampu menyelesaikan program master, maka Anda akan langsung mendapatkan beasiswa ke program PhD dengan syarat Anda diterima masuk di Universitas Turki.

Persyaratan:

 

  1. Maksimal berusia 30 tahun pada program MSc/MA serta maksimal berusia 35 tahun pada program PhD
  2. Bukan sebagai warganegara Turki kemudian Anda juga tidak mempunyai kewarganegaraan ganda dengan Turki
  3. Mempunyai gelar sarjana atau Anda sedang berada di kuliah tahun keempat ketika ingin melanjutkan beasiswa MSc?MA
  4. Pelamar yang pada saat ini terdaftar sebagai mahasiswa di program MSc/MA di Turki juga bisa mendapatkan beasiswa dengan syarat mereka belum menyelesaikan semester ketiga
  5. Pelamar yang memegang gelar MSc/MA/Sederajat atau saat ini berstatus sebagai masiswa di program master serta mempunyai niat untuk melanjutkan ke program PhD di Turki bisa mengajukan beasiswa ini
  6. Pelamar yang berstatus sebagai mahasiswa di program PhD di Turki juga dapat mengajukan permohonan beasiswa ini dan syaratnya adalah mereka belum menyelesaikan studi semester enam

 

Dokumen untuk aplikasi:

 

  1. Formulir pendaftaran yang diisi secara online melalui portal aplikasi online
  2. Salinan akta kelahiran atau passport
  3. Salinan ijazah sarjana atau master
  4. Salinan transkrip sarjana atau master
  5. Motivasion letter
  6. CV atau riwayat hidup
  7. Dua buah surat rekomendasi
  8. Jika ada, sisipkan pula sertifikat prestasi

 

Penting:

 

  1. Silakan lihat informasi detailnya disini juga lakukan pengajuan dokumen secara online disini
  2. Semua dokumen harus bahasa Inggris atau Turki atau dengan menggunakan terjemahan resmi
  3. Selama aplikasi, salinan asli dari dokumen tidak diperlukan. Namun, pelamar yang menerima beasiswa harus mengirimkan salinan asli dokumen agar mereka dapat menggunakan beasiswa.
  4. Aplikasi yang tidak memenuhi kriteria kelayakan, serta tidak memiliki dokumen yang diperlukan tidak akan diproses.
  5. Batas pengajuan aplikasi adalah 13 Januari 2014 sampai dengan 28 Februari 2014. Ada pula periode kedua yaitu 4 Agustus 2014 sampai dengan 12 September 2014.

 

Informasi dikutip dari www.beasiswapascasarjana.com