Apa itu past continuous tense dan bagaimana menggunakannya?

loading...

 

Apa itu past continuous tense dan bagaimana menggunakannya?
Cara mudah belajar bahasa Inggris – Setelah kita mengenal beragam penggunaan tenses seperti present tense, present continuous, dan past tense. Saat ini kita beralih ke tahapan yang lebih tinggi yaitu past continuous tense. Sejak dulu, tenses memang merupakan pelajaran yang begitu membosankan, kami juga mengalami masa-masa membosankan ketika belajar tenses. Hal itu, terjadi karena Anda tidak menghubungkan tenses dengan kejadian sehari-hari serta tidak mempraktikkannya secara langsung.
 
Rata-rata, seorang siswa yang mengikuti kelas bahasa Inggris hanya mengetahui formula tenses saja tanpa menggunakannya lebih jauh. Akibatnya, mereka hanya menjadi seorang penghafal dengan ratusan catatan tertanam di pikiran namun implementasinya tidaklah maksimal. Kami akan mencoba menjelaskan past continuous tense dengan metode yang lebih sederhana dan memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selamat membaca dan semoga Anda mengerti dengan baik. Sebelum menginjak materi yang lebih jauh, Anda bisa perhatikan beberapa kalimat bahasa Indonesia berikut ini.
 
  1. Saat rumah itu terbakar pada pukul 14.00 kemarin siang, Saya sedang mengendarai sepeda.
  2. Seorang pria sedang membantu ibu ketika saya ingin menjemput beliau minggu lalu.
  3. Kami sedang tertawa terbahak-bahak ketika ibu guru datang pagi tadi.
  4. Kemarin malam, saya sedang membantu ayah memperbaiki mobil yang rusak ketika dia datang.  

 

 
Tahukah Anda mengapa kami menggarisbawahi dan menebalkan beberapa kata di atas? Yaph, benar sekali. Semua kata tersebut ada hubungannya dengan past continuous tense. Sedang mengendarai, sedang membantu, dan sedang tertawa merupakan bagian dari past continuous. Kata atau frase tersebut merupakan bentuk continuous (sedang berlangsung).
 
Sedangkan, kata kemarin siang, minggu lalu, pagi tadi, dan kemarin malam merupakan bagian dari past atau lampau.
 
Jadi, sudah sedikit mengerti bukan? Bahwa past continuous adalah sebuah keterangan waktu dalam bahasa inggris untuk menginformasikan kejadian yang berlangsung namun di masa lampau.
Advertisement

Bagaimana membentuk kalimat past continuous tense?

 
Penjelasan secara mendetail akan kami berikan nanti, dan cobalah perhatikan beberapa contoh kalimat berikut ini.
 
I was talking when he called.
She was talking when I called.
He was swimming last morning.
You were running when I shouted.
They were working when I left.
 
Sangat mudah dan simple. Dua kata tersebut cukup untuk menggambarkan penggunaan past continuous tense di dalam bahasa Inggris. Kuncinya hanya terletak pada was/were + present participle (-ing) bukan? Mungkin struktur pemisahan kalimat berikut bisa lebih membantu Anda.
 
I + was + dreaming
She + was + dreaming
He + was + dreaming
She + was + dreaming
You + were + dreaming
They + were + dreaming
 
Setelah itu Anda hanya menambahkan kalimat untuk melengkapi fungsi past continuous menggunakan past tense. Beberapa kalimat past tense di atas adalah I called, He called, I shouted, dan I left.
 

Apa saja fungsi kalimat past continuous tense?

 
Past continuous juga mempunyai fungsi yang begitu beragam dan di dalam artikel ini terhitung ada empat fungsi dari past continuous tense. Beberapa fungsi tersebut akan diinformasikan melalui poin-poin penting di bawah ini.
 

Mengungkapkan aksi atau pekerjaan yang terputus karena interupsi di masa lalu

 
I was cooking when he called.
I was writing a new post when my mother phoned.
The rain was cloudy while we were having a picnic on the beach.
I was listening to the music, when the alarm rang.
While she was cooking, I smelt something burnt.
 
Beragam kalimat di atas ditunjukkan karena mempunyai kecenderungan menghentikan atau menginterupsi pekerjaan yang sedang berlangsung. “Saya sedang memasak ketika dia memanggil”, itulah kalimat pertama. Di dalam kalimat pertama tersebut, seseorang yang sedang memasak akan terhenti pekerjaannya karena dipanggil.
 

Mengungkapkan tindakan secara spesifik di masa lalu

 
My father was reading a newspaper last morning at 7.00 am.
At daybreak, they were still watching football.
Last year at this time, I was spending my time with her in a long day.
 
Melalui kalimat di atas Anda bisa mengetahui waktu dengan jelas setiap tindakan. Anda bisa saja menggunakan kalimat tersebut untuk mengenang masa lampau. Misalnya dengan mengunjungi sebuah tempat yang indah kedua kalinya, kemudian Anda berkata “Last year at this time, I was spending my time with her in a long day”.
 

Kedua tindakan yang terjadi di waktu sama

 
I was reading while she was doing homework.
Edo was sleeping while David was watching football.
They were having a lunch, discussing some great ideas, and creating a new plan for next week.
 
Terlihat dari tiga contoh kalimat di atas, terdapat sebuah aksi yang terjadi di waktu sama. Anda bisa melihat contoh jelasnya di kalimat ketiga dimana terdapat orang yang makan siang sembari mendiskusikan beberapa ide menarik plus membuat sebuah rencana bagus untuk pekerjaan mereka di minggu depan.
 

Mendeskripsikan kejadian yang berlangsung terus-menerus dan bersifat menganggu

 
He was constantly sneezing. The virus spread out.
The teacher was always coming late.
My younger brother was always complaining to me.
 
Tiga kalimat di atas menunjukkan bahwa ada kejadian seperti bersin yang berkelanjutan, dan guru yang terlambat sehingga menganggu kenyamanan di dalam suatu ruang lingkup tertentu.
 
Satu demi satu penjelasan dan contoh sudah kami berikan kepada Anda. sekarang, giliran Anda mempraktikkannya dengan baik dan semoga semua hal mengenai past continuous tense di atas dapat bermanfaat bagi pembelajaran bahasa Inggris Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *