Fungsi dan Penggunaan Kata Like dalam Bahasa Inggris

loading...
Like artinya suka. Apakah sebatas itu saja? Tentu tidak. Ada banyak macam penggunaan like yang bisa Anda temukan. Bahasa Inggris memang seringkali seperti itu, berada dalam jangkauan arti yang luas untuk satu kata serta tidak terpaku hanya pada satu arti saja. Untuk kata like, saya berikan beragam fungsi dan penggunaanya di dalam bahasa Inggris.
 
Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya.
 

Like

 
1) Anda mungkin tahu bahwa kata kerja like mempunyai arti suka atau tertarik. Juga perlu diketahui, bahwa kata kerja like juga bisa diikuti oleh –ing form atau gerund kemudian sebuah infinitive dengan tambahan to di depannya. Contohnya adalah sebagai berikut:
 
I like dancing on the stage. (gerund)
I like to stay at your home rather than mine. (infinitive)
 
Penggunaan di atas mempunyai arti yang sama. Tetapi ketika Anda menggunakan like to, maka silakan ucapkan untuk menyatakan sebuah ide yang bagus. Misalnya, anda ingin mengungkapkan ide bahwa mendengarkan musik secara pelan jauh lebih baik, maka katakan, I like to listen a song slowly.
 
Beberapa contoh berikut bisa memberikan pengertian lebih kepada Anda:
 
I like to visit the doctor thrice a year.
I like to see him with you instead of her.
I like to keep my body fit.
Advertisement
 
 
2) Penggunaan yang kedua sedikit berbeda. Like akan digunakan pada frase kata would like to. Serta digunakan untuk membuat sebuah permintaan yang sopan. Misalnya, Anda ingin berkata, Bisakah Anda meminjamkan pulpen?, apabila menggunakan would like to, maka kalimatnya adalah, would you like to borrow me a pen?
 
Ungkapan menggunakan would like to merupakan ungkapan yang lebih sopan. Silakan lihat contoh-contoh berikut untuk lebih jelas.
 
Would you like to go with me tonight?
Would you like to stay at home for accompanying me?
I would like to have your voice. Would you like to sing a song?
 
 
3) Like juga bisa berarti seperti atau mirip dengan. Misalnya kita mau bilang bahwa ibu kita mirip dengan seorang artis, maka  ucapkan dengan kalimat, My mother is like an actress. Penggunaanya ditambahkan to be (is, am, are, was, were) sesuai dengan subjek. Kalau di kalimat tadi, to be nya adalah is. Bisa juga ditambahkan kata kerja seperti look. Contoh lainnya bisa Anda lihat sebagai berikut:
 
You look like a murder because of a knife in both of your hand.
I just like to know who you are.
I want you to do an interesting thing like jumping from a high building.
She is like my mother.
 
 
4) Like juga digunakan untuk banyak frase kata. Berikut contoh dan artinya:
 
Come when you like. Anda selalu diterima. Datanglah kapanpun Anda mau. Contoh : You can come when you like.
 
Do as you like. Ini semua pilihan Anda. Lakukan yang Anda suka. Contoh : Here, you absolutely can do as you like.
 
Eat like a horse. Anda makan dengan jumlah yang sangat besar. Sampai diibaratkan seperti kuda. Contoh : You eat like a horse.
 
Feel like a million. Anda sedang berada di perasaan yang sangat bagus. Contoh : I have done a big job, I feel like a million.
 
Go like clockwork. Sesuatu terjadi tanpa masalah. Contoh : We launch a new product and it goes like clockwork.
 
Like a bat out of hell. Sesuatu yang terjadi sangat cepat. Contoh : I was scared, because she drove like a bat out of hell.
Like a fish out of water. Seseorang yang tidak cocok dan memahami sama sekali tentang suatu hal. Contoh : He is a good leader in a company but he is like a fish out of water in leading his family.
 
Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *