5 Kiat Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris

loading...

 Belajar bahasa Inggris tidak mudah. Kata kata tidak mudah tersebut yang seringkali mematahkan semangat anak-anak muda untuk mampu belajar dengan konsisten. Selain faktor “sulit”, masih ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan orang-orang malas untuk belajar. Tidak adanya waktu, guru yang tidak asik, letih, dan rasa malas seringkali menjadi hal-hal penurun semangat belajar.

 

Untuk itu, saya ingin share beberapa hal yang menurut saya bisa memberikan Anda semangat untuk belajar dan menuntaskan banyak materi. Silakan dibaca dan semoga bermanfaat.

 

Buat Tujuan Belajar yang Menarik

 

Membuat tujuan belajar yang menarik akan membuat Anda passionatedalam mengejarnya. Jika sudah memiliki passion dalam belajar, sesulit apapun kondisi Anda, maka Anda akan kembali kepada passion atau tujuan tersebut. Tindakan tersebutlah yang membuat motivasi Anda pulih dan kembali belajar.

 

Anda bisa buat tujuan yang cukup besar, misalnya belajar bahasa Inggris karena ingin beasiswa ke Amerika, Inggris, atau Australia. Keinginan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, dapat menjadi pelecut semangat ketika Anda hampir menyerah atau diserang rasa malas.

 

Ciptakan Situasi Variatif

 

Motivasi belajar seringkali tidak mampu datang karena kondisi yang benar-benar membosankan. Ini bisa dibuktikan dari kondisi Anda sewaktu sekolah. Anda mungkin bosan menghadapi bahasa Inggris karena seorang guru yang terus-terusan membahas grammar dan menyuruh Anda menghafal kosakata.

 

So, ciptakan variasi situasi belajar di dalam lingkungan Anda. Banyak membaca Koran bahasa Inggris di hari senin, mendengarkan lagu di hari selasa, menemui orang asing untuk bercakap-cakap di hari rabu, dan menulis bahasa Inggris di hari kamis. Situasi belajar yang bervariasi tersebut bisa memberikan Anda celah untuk selalu produktif.

Advertisement

Belajar Bersama Teman

 

Pernah berolahraga sendirian? Begitu membosankan bukan? Sama dengan belajar Bahasa Inggris. Belajar sendirian membuat kita cepat lelah, dan semangat itu rasanya sulit hinggao. Berbeda saat kita belajar berkelompok, selalu ada celoteh dari teman yang membuat kita tersenyum, dan tertawa untuk menghilangkan stres.

 

Undang teman-teman Anda untuk datang ke rumah. Ajak mereka bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris atau mengisi latihan ujian secara bersama-sama.

 

Lakukan Kegiatan yang Anda Sukai

 

Ke toko buku, menonton TV, bermain musik, hingga bersepeda merupakan cara yang bisa Anda coba ketika penat terhadap rutinitas belajar. Memang, seringkali kita harus mencoba banyak hal dalam hidup agar pikiran ini tidak jenuh dan letih.

 

 

Saya juga sering ke toko buku, tidak lama, mungkin hanya satu jam. Kegiatan memandangi puluhan buku, dan membaca buku-buku menarik membuat kelelahan seakan sirna dalam sekejap.

 

Sesekali, Cerita Motivasi Memang Perlu!

 

Saat lelah menulis, saya sering membaca biografi orang-orang sukses. Membaca kisah-kisah orang sukses dan mengetahui bagaimana mereka berjuang di kondisi luar biasa sulit untuk kemudian sukses amatlah menarik. Keinginan untuk sukses seperti mereka, menjadikan semangat itu kembali hadir.

 

Meskipun lelah, saya mampu mengembalikan semangat dengan cepat. Saya percaya Anda juga bisa seperti ini. Cobalah!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *