Teknik Mengajar Bahasa Inggris Menggunakan Musik

loading...
Mengajar bahasa Inggris menggunakan musik dipandang sebagai salah satu teknik modern yang memberikan minat tinggi kepada pelajar. Menggunakan musik, membuat siswa mampu merasakan sebuah pembelajaran dengan minat yang besar. Irama musik yang menenangkan dan membuat mereka energik mampu menghasilkan kebahagiaan luar biasa ketimbang hanya belajar menggunakan metode konvensional.
 
Bagaimana langkah-langkah mengajar bahasa Inggris menggunakan musik? Ini dia step by step-nya.
 

Step 1 : Pemilihan Lagu

 
Pemilihan lagu dilakukan berdasarkan umur siswa Anda. ketika siswa anda berumur rata-rata 7 tahun, tentu tidak mungkin anda memilihkan lagu one direction atau bahkan linkin park bukan? Pemilihan lagu juga didasarkan pada kemampuan siswa anda dalam mendengarkan ucapan-ucapan bahasa Inggris. Ketika kemampuan mereka baik, anda diperbolehkan memilih lagu dengan sedikit nge-beat dan berkosakata kompleks. Sedangkan, apabila kemampuan siswa masih buruk, pilih lagu dengan irama lambat, kosakata sederhana, dan kosakatanya terus berulang.
 
 
Sangat penting pula untuk menyiapkan tiga bahkan sampai lima lagu. Karena bisa jadi, banyak siswa anda keberatan serta tidak menyukai lagu yang anda putar. Jika hal itu terjadi, maka anda mempunyai lagu cadangan yang siap diputar.
 
Advertisement

Step 2 : Pemanasan

 
Sebelum anda masuk ke materi pembelajaran, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Perdengarkan satu atau dua buah lagu bahasa Inggris dan biarkan siswa untuk melakukan relaksasi sejenak terhadap pikiran mereka. setelah 5-10 menit melakukan pemanasan atau relaksasi, biarkan siswa memilih lagu yang ingin mereka dengarkan di pembelajaran.
 

Step 3 : Tebak Kata

 
Pembelajaran bahasa Inggris via lagu memang diperuntukkan bagi listening atau mendengarkan. Disini, anda bisa mengarahkan siswa untuk mengisi missing lyric atau lirik yang hilang. Pemberian missing lyric tersebut melatih siswa untuk mendengarkan kata-kata yang diucapkan langsung oleh native speaker atau penutur bahasa Inggris asli.
 
Selain mengisi kata dalam lyric yang hilang, anda juga bisa menginstrusikan siswa untuk memilih mana kata yang benar. Misalkan, untuk sebuah kata yang hilang, anda memberikan pilihan dua hingga tiga kata. Siswa mendengarkan lagu, kemudian menebak kata yang benar.
 

 

Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *